nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota Baru Masuki Tahap Akhir, Ini Faktanya

Irene, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 07:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 15 320 2169006 pembentukan-badan-otoritas-ibu-kota-baru-masuki-tahap-akhir-ini-faktanya-4b2qxXNLTW.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemindahan ibu kota baru tidak hanya sekadar pemindahan kantor pemerintahan, namun dinilai perlunya sebuah transformasi. Guna merealisasi transformasi ini, pemerintah kemudian membentuk Badan Otoritas Ibu Kota Baru.

Peraturan Presiden (Perpres) pun akan segera diterbitkan menyusul pembentukan badan otoritas ini. Persiapan, pembangunan dan proses pemindahan nantinya akan menjadi kewenangan Badan Otoritas Ibu Kota Baru.

Pada Minggu (16/2/2020), Okezone merangkum fakta Badan Otoritas Ibu Kota Baru.

1. Pembentukan Badan Otoritas Masuk Tahap Akhir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan persiapan pembentukan Badan Otoritas Ibu Kota baru telah masuk tahap akhir. Sedangkan untuk kepala badan otoritas dikatakan telah disiapkan.

"Sedang tahap finalisasi. Kalau badan ini badan otoritas ibu kota ini terbentuk sekaligus orangnya memimpin itu sudah ada," ujar Suharso, Senin (10/2/2020)

2. Ada Seleksi Calon Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Baru

Selain itu, Suharso juga menjelaskan sebelum dikeluarkannya Perpres, pemerintah akan melakukan seleksi lebih dahulu terhadap calon-calon yang akan menjadi Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Baru.

3. Calon Kepala Badan Otoritas Masih Dirahasiakan

Meski begitu, Suharso enggan menyebutkan siapa saja calon kepala yang akan ditunjuk sebagai Badan Otoritas ini. Menurutnya, calon ketua bisa diambil dari mana saja asalkan memiliki kapabilitas dan pengalaman yang sesuai di bidangnya.

"Oh itu nanti lah. Jangan (disebutin sekarang calon Kepala Ibu Kota Baru)," pungkasnya.

4. Penetapan Kepala Bareng Terbitnya Perpes

Penetapan Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Baru nantinya juga akan dibarengi dengan terbitnya Peraturan Presiden. "Iya sekaligus (Perpres keluar ada ketuanya)," ucap Suharso.

5. Penerbitan Perpes Menandakan Badan Otoritas Siap Bekerja

Tidak hanya itu, terbitnya Perpres terkait pembentukan badan otoritas ini dikatakan Suharso juga akan menandakan kesiapan Badan Otoritas Ibu Kota Baru untuk mulai bekerja.

6. Juga Ada Pembentukan Tim Khusus Pemindahan Ibu Kota

Selain badan otoritas, pemerintah juga tengah menyiapkan tim khusus pemindahan ibu kota baru. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya bersama dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dan Menparekraf, Wishnutama Kusubandio sepakat untuk membentuk tim untuk memfinalisasi masalah penyiapan ibu kota baru.

"Nah ketuanya kami minta pak Menteri Bappenas. Jadi nanti kami semua lapor ke dia. Nah hari Rabu pekan depan, beliau akan laporan ke kami. Dari situ baru nanti kita lapor ke Presiden Jokowi," jelas Luhut Binsar Pandjaitan. Tim ini nantinya bertugas untuk memfinalisasi semua hal. Dimana telah diketahui data sudah banyak.

"Maka itu jangan terlalu banyak sumber. Biar satu sumber saja. Nah Menteri Bappenas nanti yang mengkompilasi semua dari pak Airlangga, dari saya kasih representasi kita yang sudah kerja selama ini dalam tim tadi," tambahnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini