BEI Punya 4 Produk Investasi Baru, Apa Saja?

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 320 2169107 bei-punya-4-produk-investasi-baru-apa-saja-pUlpzwVeje.jpg Ilustrasi BEI (Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memfokuskan pengembangan empat produk baru yaitu Exchange Traded Fund (ETF), Structured Warrant (SW) , IDX30 Futures, dan Single Stock Futures. Produk-produk ini akan segera disosialisasikan kepada masyarakat dalam rangka penetrasi pasar yang luas.

ETF memiliki kemiripan dengan produk reksa dana, naum kelebihannya dapat ditransaksi di BEI sehingga lebih efisien, transparan, serta fleksibel. Structured Warrant (SW) memiliki karakteristik dan mekanisme perdagangan yang hampir sama dengan company warrant yaitu berguna memberika hak kepada investor yang ingin menjual atau membeli underlying securities pada waktu tertentu sebelum atau saat jatuh tempo dengan harga yang ditetapkan dan diperdagangkan di BEI.

Investor SW memiliki potensi keuntungan yang tidak terbatas. Potensi keuntungan tersebut akan diperoleh investor tergantung dari pergerakan harga underlying securities. Dengan maksimum potensi kerugian sebatas harga SW.

Pada produk kontrak berjangka (futures), investor harus melalui mekanisme mark-to-market pada setiap akhir untuk melihat keuntungan dan kerugian masing-masing. Produk futures dapat difungsikan sebagai sarana profit manajemen dalam kondisi pasar yang bullish maupun bearish.

(Baca Selengkapnya: Inilah 4 Produk Baru Bursa Efek Indonesia)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini