Beroperasi Bulan Depan, Menhub Minta Transportasi ke Bandara Internasional Yogyakarta Dipersiapkan

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 320 2170332 beroperasi-bulan-depan-menhub-minta-transportasi-ke-bandara-internasional-yogyakarta-dipersiapkan-FG1gdGPC7e.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta stakeholder terkait untuk mempersiapkan dengan baik ketersediaan transportasi lanjutan dari dan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). Sebagaimana diketahui, bandara akan beroperasi penuh akhir Maret 2020.

“Hal yang penting yang harus disiapkan adalah aksesibilitas. Saat ini jalan tol belum jadi dan kereta api langsung ke bandara juga belum ada, maka saya minta kepada dua instansi yaitu PT KAI dan Damri untuk mempersiapkan transportasi dari dan ke YIA dengan baik,” jelas Menhub dilansir dari laman Kemenhub, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga: Underpass Yogyakarta International Airport Diharap Tingkatkan Turis ke Candi Borobudur

Menhub meminta PT KAI untuk mempersiapkan kereta dengan waktu tunggu antar kedatangan (headway) setiap satu jam dari Stasiun Tugu ke Stasiun Wojo maupun sebaliknya.

“Setiap satu jam ada yang berangkat dari Tugu ke Wojo. Nanti penumpang yang turun dari Wojo bisa menggunakan Damri menuju YIA. Kira-kira waktu perjalanan dari Stasiun Tugu sampai ke YIA totalnya 45 menit sampai 1 jam,” ungkap Menhub.

Baca Juga: Resmikan Underpass Terpanjang di Indonesia, Jokowi: Operasional Total di Maret

Selain itu, Menhub juga meminta Damri untuk menyiapkan armada di beberapa titik seperti Jogja City Mall, Hartono Mall, serta Universitas Gajah Mada yang akan diberangkatkan setiap 30 menit sekali.

Hingga saat ini, Menhub mengungkapkan kesiapan Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo sudah mencapai 98% untuk menyambut perpindahan seluruh aktivitas penerbangan dari Bandara Adisutjipto, kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller/baling-baling, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini