Canberra Jadi Inspirasi Pemindahan Ibu Kota Baru, Ini Respons Warga Negeri Kanguru

Jum'at 21 Februari 2020 12:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 21 470 2171988 canberra-jadi-inspirasi-pemindahan-ibu-kota-baru-ini-respons-warga-negeri-kanguru-b8lOlRrZK1.jpg Presiden Jokowi dengan PM Scott Morrison. (Foto: Okezone.com/Dok. ABC News)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menjadikan Canberra, Australia, sebagai inspirasi pembangunan ibu kota baru. Presiden kagum terhadap keindahan kota Canberra.

“Dan saya kira kalau kita lihat tadi tata kotanya sangat bagus sekali dan ya yang baik-baik akan kita ambil untuk pembangunan ibu kota baru, baik manajemennya baik tata kotanya,” ujar Presiden saat meninjau kawasan Mount Ainslie, Canberra, Australia.

Baca Juga: Tony Blair hingga Bos Softbank ke RI Bahas Investasi Ibu Kota Baru

Melansir keterangan ABC News, Jumat (21/2/2020), pernyataan Jokowi pun direspons beragam oleh warga Canberra.

Setelah pemberitaan ABC dalam bahasa Inggris soal Canberra yang jadi inspirasi pembangunan ibu kota baru Indonesia, sejumlah warga Australia menyampaikan pendapatnya di jejaring sosial.

Baca Juga: Putra Mahkota UEA Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru

"Canberra memiliki konsep yang hebat, tapi harus dijaga dari birokrat dan pemerintah yang merusaknya. Jika Indonesia bisa mencegahnya, maka akan jadi model yang patut ditiru," ujar salah satu pengguna Facebook.

"Mengikuti Kota Canberra adalah sempurna untuk ditiru Presiden Jokowi, tapi jangan diikuti kelakuan politisinya," tulis warga lainnya.

Sementara ada pula warga lokal Canberra yang mengaku kenyamanan tinggal di kota Canberra yang sepi dari keramaian, tidak seperti di Sydney dan Melbourne, sehingga memberikan ketenangan jiwa.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini