Fakta Putra Papua Jadi Direktur Freeport, Claus Wamafma Berkarier dari Bawah

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 22 320 2172602 fakta-putra-papua-jadi-direktur-freeport-claus-wamafma-berkarier-dari-bawah-8yAw4bRXh2.jpg Freeport (Reuters)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Claus Wamafma menjadi Direktur PT Freeport Indonesia. Penunjukan dirinya menjadi spesial mengingat Claus menjadi putra asli Papua pertama yang menjadi Direktur di PTFI.

Claus bercerita, untuk menjadi seorang Direktur di PTFI dirinya mengikuti serangkaian proses yang ada di perusahaan. Bahkan proses yang ia jalani sudah dilakukan sejak awal tahun ini. Menurut Claus, dirinya sudah bekerja di PTFI lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, dirinya diminta untuk mengikuti proses untuk mengisi salah satu posisi di jajaran Direksi.

 Baca juga: Akhirnya Lokasi Smelter Freeport di Gresik Sudah Diputuskan

"Saya kan kerja di site, kemudian diminta berproses. Saya kira normal. Lalu ditunjuk mewakili MIND ID di PTFI ya sesuatu yang tadinya tidak terpikir karena kami 20 tahun bekerja di PTFI," ucap Claus.

Berikut Okezone telah merangkum faktar putra Papua jadi Direktur Freeport, Minggu (23/2/2020) :

1. Membuka Peluang Bagi Putra Asli Papua untuk Duduk di Direksi

Dengan penunjukan dirinya sebagai Direktur di PTFI, membuka peluang bagi para putra asli Papua untuk duduk di jajaran Direksi. Apalagi menurutnya, kemampuan putra asli Papua juga tidak kalah dengan tenaga kerja yang ada di PTFI.

 Baca juga: Freeport Rogoh Kocek USD600 Juta untuk Bangun Smelter di Gresik

"Ini sesuatu yang baik. Buat saya buat karyawan nasional untuk ambil porsi di level Direksi (PTFI)," ucap Claus.

2. Putra Papua juga Memiliki Kemampuan

Menurut Claus, sebenarnya banyak sekali putra asli Papua yang memiliki kemampuan. Bahkan menurutnya, sudah ada beberapa putra asli Papua yang mengisi jabatan di level menengah atas dan level eksekutif di perusahaan.

"Banyak yang bagus. Jadi ini di PTFI ada kesempatan teman-teman asli Papua tentu lewat proses. Banyaklah saat ini yang sampai jajaran menengah atas dan level eksekutifnya tadi pak Presdir sampaikan ada 10 teman-teman di sana dan manajernya lebih dari 40 hari ini. 45 lah," ucapnya.

3. Bos PTFI Bangga karena Direkturnya berasal dari Papua

Menurut Presiden Direktur PTFI Tony Wenas, ini merupakan kebanggan karena akhirnya Freeport bisa memiliki direktur dari Papua. Hal ini juga sekaligus membuktikan jika putra asli Papua memiliki kapasitas untuk menduduki jabatan di PTFI.

"Dan kami barusan mengumumkan bahwa kami punya satu direktur baru, anggota direksi asli karyawan Papua, Pak Claus Wamafma dan ini membuktikan bahwa memang orang Papua sanggup dan mampu duduk jajaran perusahaan seperti PTFI ini. Kita perlu bangga," ujar Tony .

Menurut Tony, perseroan terus mendorong agar putra asli daerah Papua bisa terlibat langsung. Apalagi, perseroan tengah mendorong agar porsi tenaga kerja lokal bisa mencapai 40%.

4. Claus Berkarier dari Bawah

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan Claus Wamafma adalah direktur orang Papua asli yang berkarier dari bawah. Di mana masuknya orang Papua pertama sebagai direktur di perusahaan ini menunjukkan kapabilitas orang Papua yang juga mampu mengisi jabatan penting.

"Salah satu yang seru yakni putra Papua Claus Wamafma, yang sudah berkarier 20 tahun di Freeport dan diusulkan jadi direksi mewakili Mind ID. Sebelumnya Claus menjadi SVP membawahi CSR, partnership fund dan community development," ujar Arya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini