nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Lobi Arab Saudi Investasi di Ibu Kota Baru dan Aceh

Irene, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 10:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 24 20 2173096 sri-mulyani-lobi-arab-saudi-investasi-di-ibu-kota-baru-dan-aceh-zT67TMQvsl.png Sri Mulyani soal Investasi Arab Saudi (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Arab Saudi H.E. Mohammed Al - Jadaan. Dalam kesempatannya, Sri membahas isu terkait investasi.

Sri Mulyani mengungkapkan tingginya peningkatan investasi yang berasal dari Arab Saudi. Hal ini terjadi di tengah penurunannya investasi dari negara Amerika Serikat dan China. Sementara investasi dari Jepang disebut relatif stagnan.

"Terkait investasi, salah satu hasil survey menunjukkan bahwa dalam beberapa periode terakhir, investasi dari Amerika, China mengalami penurunan sementara dari Jepang relatif stabil. Pada sisi lain, investasi dari Arab Saudi meningkat cukup signifikan," tulis Sri Mulyani dalam unggahan Instagram resminya, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Baca Juga: Bertemu Menkeu Arab Saudi, Sri Mulyani Bahas Masalah Pajak

Hal ini dinilai Sri Mulyani perlu adanya upaya pemaksimalan dengan tujuan untuk kembali meningkatkan investasi Arab Saudi ke Indonesia. "Kondisi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan investasi Arab Saudi di Indonesia," tambah Sri Mulyani.

Sri Mulyani kemudian memberi rekomendasi untuk investasi Arab Saudi dapat disalurkan melalui Sovereign Wealth Fund (SWF) yang sedang dibentuk Indonesia. Pembentukan SWF ini bertujuan untuk memberi pembiayaan ibu kota baru dan Aceh.

"Investasi Arab Saudi dapat juga disalurkan melalui Sovereign Wealth Fund (SWF) yang saat ini sedang dibentuk oleh Indonesia untuk penyediaan pembiayaan bagi pembangunan ibu kota baru dan Aceh," ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: Cerita Sri Mulyani soal Menariknya Ekonomi Saudi Arabia

Sri Mulyani menjelaskan bahwa Sovereign Wealth Fund (SWF) akan dibentuk sebagai badan penyatuan dana investasi untuk pengelolaan investasi langsung yang bertujuan memberi dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia melalui investasi domestik. Menteri Keuangan Arab Saudi pun diungkapkan Sri menyambut positif usulan tersebut.

"Menteri Keuangan Arab Saudi menyepakati sektor-sektor potensial yang dapat dikembangkan tersebut," pungkas Sri Mulyani.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini