Banjir, Distribusi Beras Bulog Gunakan Truk TNI

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 320 2174911 banjir-distribusi-beras-bulog-gunakan-truk-tni-MQ5yhRJB03.jpeg Dirut Bulog Budi Waseso (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Perum Bulog menyebut banjir yang melanda pada sejumlah titik di Jabodetabek menyebabkan keterlambatan dalam distribusi beras Bulog. Di mana hujan yang sebabkan banjir terjadi pada Selasa 25 Februari 2020.

Namun Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menyebut keterlambatan pendistribusian pada banjir tidak terjadi di semua wilayah.

Baca Juga: Sri Mulyani Berikan "Cap Merah", Ini Alasan Bulog

"Jadi beras yang ada di gudang Kelapa Gading memang belum terganggu distribusinya. Tapi kan kita juga ada beberapa gudang yang sudah bisa men-supply," ujar dia di Gedung Bulog Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dia menjelaskan dengan terganggunya itu, Bulog menggunakan truk TNI untuk melaksanakan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau operasi pasar.

"Keterlambatan itu bilamana truknya tidak bisa menembus banjir. Tapi kan ada jalan lain. Kita kerjasama termasuk dengan TNI, dengan perahu karetnya TNI sekaligus evakuasi korban banjir," ungkap dia.

Baca Juga: Banjir dan BPNT, Penyebab 20.000 Ton Beras Bulog Turun Mutu

Sebelumnya, Buwas mengatakan bahwa stok beras nasional yang ada di gudang Bulog di seluruh Indonesia saat ini mencapai 1,7 juta ton.

"Jadi, dengan stok Bulog yang cukup besar dan tersebar di seluruh Indonesia masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyambut Ramadan dan ldul Fitri tahun ini,” ujar Budi Waseso.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini