nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Beberkan Cara Percepat Penyaluran Dana Desa

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 18:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 28 20 2175759 sri-mulyani-beberkan-cara-percepat-penyaluran-dana-desa-h6v5xVGRkL.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: okezone)

JAKARTA – Pemerintah mempercepat penyaluran dana desa kepada penerima manfaat. Apalagi, saat ini tanpa menunggu semua desa siap salur.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, penerimaan ini dikarenakan dirinya sering mendengar banyak desa yang telah selesai programnya tapi harus menunggu desa lain untuk disalurkan dananya.

 Baca juga: IHSG Terkoreksi, BEI Kaji Semua Alternatif untuk Tenangkan Pasar

“Maka mulai sekarang setiap desa tidak perlu menunggu desa lainnya, artinya kalau kinerjanya cepat dan bagus, APBDes-nya selesai maka kita juga akan langsung mampu bisa menyalurkan tanpa menunggu desa-desa yang masih belum selesai, ini untuk memacu supaya yang tertinggal bisa mengejar, bukannya yang bagus menunggu yang tertinggal,” ujar Sri mengutip akun instagramnya, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Ditambah lagi, lanjut Sri Mulyani, untuk alokasinya sekarang ini pemerintah mengalokasikan atau pencairannya dimajukan ke depan, serta 40% langsung transfer di depan.

 Baca juga: IHSG Anjlok, Menko Airlangga: Kita Wait and See

“Jadi sekarang ini tiga kali transfernya, 40%, 40%, 20%,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, Dana Desa memiliki tujuan yang mulia. Pihak yang terlibat di dalamnya mengemban amanah yang tidak ringan.

“Mari jadikan efisiensi, efektivitas, produktivitas, transparansi, dan akuntabilitas sebagai landasan kita dalam mengelola Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: IHSG Turun Cukup Dalam, BEI Minta Pelaku Pasar Tidak Panik

Mulai tahun 2020, Dana Desa akan diterima langsung oleh Desa karena penyaluran Dana Desa dari rekening pusat ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan dari RKUD ke Rekening Kas Desa dilakukan bersamaan dan semua transaksi penyaluran dilakukan oleh Kantor Perbendaharaan/KPPN setempat setiap minggunya dengan persyaratan yang lebih sederhana.

Melalui mekanisme ini, Dana Desa akan lebih cepat diterima desa dan tanpa menunggu semua desa siap salur.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini