Dari Mana Listrik Berasal? Ini Lho Sumbernya

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 320 2176528 dari-mana-listrik-berasal-ini-lho-sumbernya-wPJSXuq7MT.jpg Ilustrasi Listrik (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Listrik menjadi sumber energi utama yang paling penting dan dibutuhkan manusia. Jika ada gangguan listrik, masyarakat tentu akan marah. Seperti halnya kejadian pemadaman listrik massal atau blackout pada 4 Agustus 2019 yang membuat geger.

Saat ini listrik sangat mudah ditemukan. Jika baterai ponsel kita mati, bisa dengan mudah menemukan stop kontak dengan aliran listrik.

Baca Juga: Ini Cara Listrik Masuk ke Rumah Kamu, Ternyata Perjalanannya Panjang Loh!

Tapi tahukah kamu dari mana asal listrik yang dinikmati saat ini?

"Listrik yang kita nikmati berasal dari pembangkit listrik. Pembangkit listrik berfungsi untuk memproduksi dan membangkitkan listrik dari sumber tenaga listrik yang ada," demikian seperti dikutip akun Instagram PLN UID Jakarta Raya, Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Sumber tenaga listrik bisa didapatkan dari tenaga uap, tenaga air, surya atau matahari, diesel, gas, dan yang lainnya. Dan dengan kemajuan teknologi saat ini, hampir seluruh sumber energi itu kita gunakan untuk pembangkit listrik yang hasil akhirnya dapat dinikmati.

Generator pada pembangkit listrik berperan mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Generator ini diaktifkan menggunakan berbagai sumber energi yang disebutkan tadi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini