Menteri ESDM Sebut Potensi Investasi Energi Terbarukan Capai USD20 Miliar

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 320 2177069 menteri-esdm-sebut-potensi-investasi-energi-terbarukan-capai-usd20-miliar-rzd2wHnDDd.jpg Menteri ESDM Arifin Tasrif (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut pemerintah tengah mendorong penggunaan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) selama lima tahun mendatang. Oleh karena itu, pemerintah mengajak untuk swasta bisa ikut serta dalam program ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, potensi investasi untuk pengembangan EBTKE hingga 2024 sampai USD20 miliar. Oleh karena itu, dirinya berharap pihak swasta bisa ikut serta dalam mensukseskan program ini.

Baca Juga: Investasi EBTKE Ditargetkan USD20 Miliar hingga 2024

"Potensi investasi pengembangan Energi Terbarukan hingga 2024 adalah sebesar USD20 miliar," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Senin (3/3/2020).

Selain itu lanjut Arifin, pemerintah juga berkeinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri pada energi. Salah satu kebijakan yang sudah dijalankan adalah dengan program dengan mengkonversikan BBM ke Bioenergy Indonesia.

Baca Juga: Menteri ESDM: Kapasitas Pembangkit Energi Terbarukan Bertambah 700 Mw Tahun Ini

"Upaya-upaya ini sedang kita dukung, development dari katalis sedang kita dorong. Ini sudah dicoba di unit-unit Pertamina tinggal bagaimana kita adjust prosesnya," jelasnya.

Ke depan lanjut Arifin, pemerintah akan terus meminta dukungan demi menciptakan Indonesia yang mandiri dalam energi.

"Kita harapkan bahwa apabila program ketahanan energi ini berjalan, kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) kita di desa-desa bisa direspons oleh masyarakat, yang ada di desa-desa yang memiliki pohon-pohon dan kebun-kebun bio, kita bisa bikin SPBU-SPBU kecil, ini suatu dream innovation ke depan, sehingga kita bisa memotong volume impor dan biaya-biaya logistik," jelas Arifin.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini