Amazon Hapus 1 Juta Produk yang Naikkan Harga Tak Wajar

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 320 2177407 amazon-hapus-1-juta-produk-yang-naikkan-harga-tak-wajar-XiXQnpGnxX.jpg Amazon (Foto: Reuters)

JAKARTA - Amazon telah menarik lebih dari 1 juta produk karena menaikkan harga terlalu signifikan dan membuat iklan palsu mengenai virus korona. Penghapusan ini terjadi setelah penjual melakukan penipuan harga produk yang berhubungan dengan virus korona.

Amazon menyatakan bahwa mereka selalu mengharuskan penjual memberikan informasi yang akurat di halaman produk dan menghapus yang melanggar kebijakan. Sebagai contoh, ditemukan penjual dengan masker wajah yang dijual lima kali dari harga normal.

Baca Juga: Kalahkan Amazon, Microsoft Menang Tender Layanan Cloud Pentagon

"Kami kecewa karena pelaku jahat berusaha untuk menaikkan harga pada produk kebutuhan dasar selama krisis kesehatan global dan menghapus puluhan ribu penawaran," kata Juru Bicara Amazon dilansir dari CNN, Selasa (3/3/2020).

Amazon juga menjelaskan bahwa penjual pihak ketiga harus mengikuti kebijakan harga yang adil agar tidak menetapkan harga lebih tinggi dari tempat lain atau menjual barang yang menyesatkan pelanggan.

Baca Juga: Bangun Markas HQ2, Jeff Bezos Terinpirasi Kesuksesan Elon Musk

Sebelumnya, penjual pihak ketiga telah dikritik karena menjual produk yang cacat atau curang. Toko-toko besar seperti CVS (CVS) dan Walgreens (WBA) memperingatkan alam ada kekurangan produk desinfektan yaitu pembersih tangan dan tisu pembersih.

Perlu diketahui, sekarang ada lebih dari 88.000 kasus virus korona di seluruh dunia. Yang telah menewaskan lebih dari 3.000 orang dan sebagian besar di China.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini