Melihat Infrastruktur PON Stadion Papua Bangkit yang Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia 2034

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 470 2177718 melihat-infrastruktur-pon-stadion-papua-bangkit-yang-diusulkan-jadi-venue-piala-dunia-2034-o1qqUULiYW.jpg Stadion Utama Papua Bangkit (Foto: Okezone.com)

JAYAPURA - Stadion Utama Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Jayapura, Papua akan diusulkan menjadi salah satu stadion penyelenggaraan event Piala Dunia 2034. Pada 2034, lima negara di ASEAN termasuk Indonesia akan maju dalam bidding Piala Dunia 2034.

Stadion Utama Papua Bangkit merupakan salah satu venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020. Pembangunan stadion ini menelan biaya Rp1,3 triliun.

"Ya harapan kita menjadi salah satu venue untuk pertandingan-pertandingan berstandar internasional tentunya," kata Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto di Jayapura, Papua, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Pembangunan Venue PON 2020 Papua

Dengan adanya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pesepakbolaan Nasional, stadion-stadion di Indonesia memiliki representatif untuk event Piala Dunia.

"Indonesia cukup banyak memiliki stadion-stadion yang cukup representatif sehingga setelah Piala Dunia U-20, milestone ke depan kita berikutnya mungkin ikut bidding untuk Piala Dunia 2034," kata Iwan.

Namun, Iwan mengakui permasalahan dari stadion ini adalah jarak, sehingga akan menjadi pertimbangan pemerintah pusat menetapkan Stadion Utama Papua Bangkit menggelar pertandingan Piala Dunia 2034 jika terpilih.

stadion

"Hanya mungkin pertimbangan jarak saja yang memang agak sulit. tetapi memang layak dicoba, pertandingan internasional bisa dimainkan di Papua," katanya.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi Stadion Utama Papua Bangkit. Hal ini dikatakan usai peninjauan venue PON XX Papua.

"Stadion ini tidak hanya menjadi Kebanggaan warga Papua saja akan tetapi menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," katanya.

"Pembangunan stadion dengan gaya etnik seperti di Belanda, Amsterdam. Megah, sungguh luar biasa apalagi rumputnya kita impor langsung dari Italia. Ini Angkat nama Papua ke kancah internasional," paparnya.

Selain itu kata Bambang, dengan dibangunnya Stadion Papua Bangkit ini diharapkan bisa mendorong para anak muda, atlet-atlet Papua lebih semangat dan berprestasi menjadi juara baik dikancah nasional maupun internasional.

"Tadi kita sempat lihat ke venue aquatik dan ternyata tidak kalah dengan yang ada di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Jadi kami harapkan rakyat Papua semangat untuk menjadi atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga dan merebut juara-juara pada PON nanti," ujarnya.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengebut pembangunan empat venue olahraga untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020. Adapun empat venue olahraga tersebut terletak di Kabupaten Jayapura, yakni venue Aquatic dan Istora Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur. Kemudian venue cricket dan lapangan hockey (indoor dan outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini