Pacu Roda Ekonomi, Jokowi Ingin Izin Impor Bahan Baku Dipermudah

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 320 2177994 pacu-roda-ekonomi-jokowi-ingin-izin-impor-bahan-baku-dipermudah-XhdbWXov8T.png Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar izin impor bahan baku untuk pelaku industri dipermudah di tengah wabah virus korona. Dengan hal tersebut, kebutuhan bahan baku dalam negeri bisa terpenuhi.

Jokowi mengatakan, wabah virus korona atau Covid-19 membuat produksi sedikit terganggu mengingat pasokan bahan baku dari beberapa negara terhambat. Padahal di tengah kondisi ketidakpastian global saat ini, semua negara harus memikirkan bagaimana supaya roda perekonomian tetap berjalan.

Baca Juga: Mendag Buka Keran Impor Gula dan Bawang Putih

"Sekarang pertama urusan impor tolong ini betul-betul dilihat yang berhubungan dengan kebijakan policy impor. Jangan lagi ada yang menghambat disitu. Karena menyangkut bahan baku industri," ujarnya dalam acara Rakornas Kementerian Perdagangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga: 8 Perusahaan Ritel Dibayangi Kerugian Besar Akibat Virus Korona

Menurut Jokowi, ekonomi dan industri di China saat ini sudah berhenti imbas virus korona. Sedangkan, bahan baku untuk industri terbanyak berasal dari China.

"Kita tahu industri yang ada di Tiongkok sudah berhenti. Padahal suplai bahan baku kita banyak dari sana. Sudah di sana sulit, masuk ke sini sulit. Hati-hati policy kebijakan yang berkaitan dengan ini," jelasnya.

Sebagai salah satu contoh yang kekurangan bahan baku adalah industri garam hingga bahan baku industri gula untuk makanan dan minuman. Jokowi meminta agar ke depan jangan sampai adalagi yang mengeluh sulitnya izin untuk industri ini.

"Ini persoalan mudah tetapi jadi sulit karena kita rutinitas. Tidak merespons. Tidak memiliki feeling sekarang ini keadaan sulit sudah supplay sulit, masuk sini malah dipersulit," kata Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini