Share

Ada Tol Laut, Jokowi Kesal Biaya Logistik Masih Mahal

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178577 ada-tol-laut-jokowi-kesal-biaya-logistik-masih-mahal-qOuM1VYLt1.jpg Jokowi Pimpin Ratas (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar Rapat Terbatas (Ratas) tentang akselerasi program tol laut. Dalam rapat terbatas kali ini dihadiri oleh beberapa menteri kabinet Indonesia maju yang berhubungan dengan program tol laut.

Dalam rapat tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat menyayangkan jika program tol laut ini tidak berjalan terlalu baik. Karena di beberapa trayek, harga pengiriman barang masih sangat mahal bahkan jika dibandingkan dengan pengiriman dari dan menuju luar negeri.

Baca Juga: Menhub Sidak Kantor Pelni, Cek Harga Barang dari Kapal Tol Laut

Padahal menurut Jokowi, tujuan awal dan utama dari adanya tol laut ini adalah mengurangi disparitas harga antar wilayah. Selain itu, tol laut juga dibuat untuk memangkas biaya logisitik yang mahal.

"Namun saya terima informasi dari lapangan bahwa biaya pengiriman logistik antar daerah masih mahal," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (5/3/2020).

Baca Juga: Terungkap, Ini Modus Monopoli Tol Laut yang Bikin Jokowi Jengkel

Salah satu contohnya adalah pengiriman barang dari Jakarta menuju Medan hingga Jakarta menuju Makassar yang masih sangat mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan pengiriman barang ke luar negeri seperti Jakarta - Singapura ataupun Jakarta - Hong Kong biaya logistik di dalam negeri masih lebih mahal.

Tak hanya pengiriman barang dari Jakarta, dari kota lainnya seperti Surabaya juga jauh lebih mahal. Sebab menurutnya, biaya pengiriman dari Surabaya menuju Hong Kong, Singapura atau bahkan Bangkok jauh lebih murah.

"Ini contohnya, biaya pengiriman dari Jakarta ke Padang, dari Jakarta ke Medan, Jakarta ke Banjarmasin, Jakarta ke Makassar, jauh lebih mahal dibandingkan biaya pengiriman dari Jakarta ke Singapura, Jakarta ke Hongkong, Jakarta ke Bangkok, dan Jakarta ke Shanghai," jelasnya.

Oleh karena itu lanjut Jokowi, dirinya ingin agar fungsi dan tujuan awal dari adanya tol laut bisa terlaksana. Dirinya ingin agar pelaksanaan tol laut bisa diperbaiki agar tak ada lagi disparitas harga.

"Inilah yang harus dibenahi kita benahi bersama. Sehingga tujuan awal dari tol laut untuk menekan disparitas harga antarwilayah bisa kita capai," kata Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini