nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Pertumbuhan Startup di Indonesia, Grab Ventures Velocity Batch 3 Segera Hadir

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 15:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 06 11 2179232 percepat-pertumbuhan-startup-di-indonesia-grab-ventures-velocity-batch-3-segera-hadir-SXgiyOHva0.jpg Grab Ventures (Foto: dok. Grab Indonesia)

JAKARTA – Sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mengembangkan talenta digital, Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara kembali membuka pendaftaran Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3. Grab Ventures Velocity merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru dan usaha ventura Grab yang dimulai sejak 2018.

GVV angkatan 3 diharapkan dapat merangkul bibit unggul startup untuk berkembang melalui akses ekosistem Grab. GVV angkatan 3 kembali mengambil tema besar “Memberdayakan Pengusaha Mikro” dengan dua jalur berbeda yakni Restaurant Value Add Service dan B2B Logistic. Jalur pertama bertujuan untuk merangkul startup yang menghadirkan solusi digital bagi pemilik UKM di bidang restoran untuk dapat menumbuhkan bisnisnya, mengurangi biaya, dan melancarkan operasionalnya.

Sedangkan jalur kedua, GVV menargetkan startup yang dapat menghadirkan disrupsi digital dalam industri logistik dengan inovasi warehousing dan trucking space. Selain peluncuran GVV angkatan 3, Grab juga melakukan kemitraan strategis dengan BRI Ventures, perpanjangan tangan dalam bidang VC (Venture Capital) dari bank BUMN terbesar, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia.

Sesuai dengan komitmennya untuk mendukung ekosistem startup di Indonesia, Grab Ventures dan BRI Ventures menandatangani MoU kemitraan strategis untuk menciptakan inisiatif bersama yang baru dalam rangka meningkatkan komunitas startup Indonesia.

“Kami beruntung ekosistem startup Indonesia telah terbukti menjadi ekosistem startup terkuat di kawasan ini selama bertahun-tahun. Melalui GVV, kami berharap dapat meningkatkan kualitas startup Tanah Air melalui bimbingan dan juga akses pasar sehingga bisa mendukung upaya pemerintah untuk mendorong ekonomi digital,” jelas Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

1

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja memaparkan, BRI Ventures percaya bahwa sangat penting untuk mendukung ekosistem startup dalam rangka mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia.

“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Grab yang memiliki visi yang sama dengan kami. Semoga usaha bersama ini akan mendorong ekosistem startup yang pada akhirnya mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Nicko.

GVV merupakan program scale up yang unik

Dari 2 angkatan sebelumnya, GVV telah mendorong pertumbuhan 15 startup yang bertujuan untuk menjadi solusi bagi tantangan yang dihadapi konsumen sehari-hari ketika menggunakan teknologi. Sepuluh diantaranya merupakan startup asal Indonesia dan 6 dari mereka merupakan lulusan GVV angkatan 2; TaniHub, Qoala, Tamasia, Porter, Sayurbox, dan Pergiumroh. Setelah lulus, mereka terus memperoleh dukungan dari Grab untuk dapat menawarkan layanan mereka kepada pengguna Grab dan juga GrabKios. Hingga saat ini, lulusan GVV telah memberdayakan lebih dari 117.000 pengusaha mikro.

President dan Co Founder TaniHub Pamitra Wineka mengatakan, TaniHub berkesempatan mengintegrasikan layanannya dengan GrabKiosk untuk membantu mitra memperoleh produk segar dari petani lokal dengan harga terjangkau.

“Dengan akses ke basis pelanggan yang lebih banyak dari GrabKios, artinya kami dapat menyerap lebih banyak produk dari petani lokal untuk didistribusikan ke konsumen yang lebih luas,” ujar Pamitra.

Sekedar informasi, TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce pertanian Indonesia yang mengatasi rantai pasokan dan distribusi hasil pertanian serta menghubungkannya ke pasar yang lebih luas. TaniHub telah melayani masyarakat individual serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Selain itu, Co Founder & COO of Qoala, Tommy Martin yang turut hadir juga memaparkan pengalamannya sebagai startup terpilih di GVV batch 2. Dia mengatakan, kemitraan ini membantu Qoala dan Mitra Jasa Pratama dengan cepat memahami tantangan utama dalam adopsi asuransi dan bagaimana pihaknya dapat memberdayakan mitra GrabKios dengan solusi asuransi mikro yang inovatif.

“Solusi ini membantu melindungi mitra GrabKios serta memungkinkan mereka untuk meningkatkan penghasilan dengan memperkenalkan produk asuransi kepada pelanggan kami,” papar Tommy.

Sebagai informasi, Qoala adalah sebuah perusahaan asuransi (insurtech) startup yang dapat menjembatani proses klaim asuransi dengan mudah dan terjangkau melalui online platform yang teragregasi di dalamnya.

Disisi lain, Grab juga berkolaborasi dengan CoHive sebagai venue partner dan DailySocial sebagai preferred content partner pada GVV batch 3. Dengan kemitraan ini, Grab akan semakin menciptakan sinergi dari berbagai pihak dalam ekosistem startup dan memperkuat posisinya untuk mendukung pengembangan startup di Indonesia.

Pendaftaran GVV angkatan 3 saat ini telah dibuka dan dapat diikuti oleh semua startup di Indonesia dan Asia Tenggara. Startup yang terpilih sebagai angkatan 3 nantinya akan memperoleh bimbingan dari para ahli C-level dibidang startup serta berkesempatan untuk mengetes proyek pilot mereka di platform Grab serta akses kepada basis pelanggan Grab yang luas. Untuk informasi pendaftaran, silahkan kunjungi Grab Ventures Velocity Batch 3 Applications. (cm)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini