Share

Korean Air Stop Penerbangan ke Bali, AP I Mulai Hitung Kerugian

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 320 2179393 korean-air-stop-penerbangan-ke-bali-ap-i-mulai-hitung-kerugian-yTZfg8pEWw.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Wabah virus korona membuat dunia penerbangan terganggu. Yang terbaru, bakal ada penghentian sementara penerbangan dari dan menuju tiga negara yakni Iran, Korea Selatan dan Italia.

Baca Juga: Penerbangan China-Bali Distop, AP I Kehilangan Rp48 Miliar

Direktur Utama Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, memang sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang akan menghentikan sementara penerbangannya. Salah satunya adalah Korean Air dengan rute penerbangan Korea-Bali.

"Kemungkinan kecenderungan ini semakin meningkat karena airlines asing sudah memberikan notice yang mengehentikan penerbangan mereka. Ada Viet Jet (Vietnam) dan Korean Air," ujarnya saat ditemui Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga: Virus Korona, AP I Rugi Rp207 Miliar akibat Pembatalan 12.703 Penerbangan

Meskipun begitu lanjut Faik, pihaknya belum menghitung kerugian ataupun potensi kehilangan pendapatan jika penerbangan menuju tiga negara tersebut dihentikan sementara. Namun dirinya menyebut penghentian sementara penerbangan ketiga negara tersebut tidak terlalu berdampak besar.

"Yang berdampak langsung dari Korea. Karena enggak ada penerbangan langsung (ke Iran dan Italia). Tapi memang belum sempat kita hitung. Dari 2 airlines Korean Airlines sudah menghentikan tinggal dari Garuda," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose mengatakan, hingga saat ini hanya Korea Selatan yang melayani penerbangan langsung. Sementara untuk Iran dan Italia, Faik mengaku belum ada penerbangan langsung yang mendarat di Bandara AP I.

"Kita yang ada (penerbangan langsung) cuma Jepang sama Korea aja. Jepang kan belum. Iran enggak ada ,Italia enggak ada," ucapnya.

Menurut Wendo, saat ini Korean Airlines Sudah menghentikan sementara penerbangannya. Sementara Garuda Indonesia saat ini masih melayani penerbangan ke Korea Selatan dengan pengawasan ketat.

"Korean Air (penerbangannya) 1 take of landing. Garuda ada 2 (penerbangan langsung," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini