Virus Korona Meluas, AS Lakukan Penyesuaian Tarif Produk Medis dari China

Irene, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2020 15:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 07 320 2179734 virus-korona-meluas-as-lakukan-penyesuaian-tarif-produk-medis-dari-china-TuIV7YPTkN.jpg Masker (Newshub)

JAKARTA - Amerika Serikat memberlakukan penyesuaian tarif pada masker wajah dan pasokan medis lainnya. Hal ini dilakukan di tengah merebaknya virus korona di negeri Paman Sam tersebut.

Melansir Business Insider, Sabtu (7/3/2020), pemerintahan Trump telah mengambil langkah untuk mengurangi tarif hukuman terhadap barang medis tertentu dari China. Namun menurut data dari Perwakilan Dagang AS, Administrasi telah menawarkan keringanan tarif untuk lebih dari 100 barang medis dari China.

 Baca juga: Aktivitas Pabrik di China Anjlok Akibat Virus Korona, Ini Penjelasannya!

Pengecualian tarif ini diterapkan pada produk masker wajah, produk sanitasi, gaun isolasi dan masih banyak lagi.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa pengecualian tarif ini diberikan kepada lebih dari dua lusin perusahaan. Akan tetapi Perwakilan Dagang AS tak segera menanggapi ataupun memberi komentar terkait hal ini.

 Baca juga: Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

Pembuat undang-undang dan kelompok industri di AS sudah merasakan kekhawatiran terkait tarif pasokan medis ini sejak sebelum virus korona masuk ke negeri Paman Sam. Kekhawatiran ini memuncak setelah Pemerintah setempat memberi peringatan bahwa wabah korona akan menyebar ke seluruh komunitas di AS.

Senator Republik Cory Gardner mengatakan bahwa untuk kesiapan Amerika Serikat untuk memerangi wabah korona ditunjukkan dengan pasokan produk medis yang telah disiapkan pula. "Untuk memastikan bahwa Amerika Serikat siap untuk menahan dan memerangi penyebaran wabah ini, sangat penting bahwa ada pasokan yang kuat dari produk medis kritis," ujarnya dalam sebuah surat kepada USTR.

 Baca juga: Virus Korona, Perusahaan Produk Olahraga Terbesar di China Mulai Kembali Buka Tokonya

Cory Gardner menambahkan AS harus siap bila mana terjadi peningkatan permintaan pasokan medis. Untuk itu, Cory mengatakan pihaknya telah meminta USTR menghapus tarif berbahaya dan melonggarkan impor.

"Kita harus bersiap untuk peningkatan permintaan pasokan medis di Amerika Serikat, dan untuk itu, saya meminta USTR menghapuskan tarif berbahaya ini pada produk medis tertentu dan menghilangkan hambatan untuk impor." tambah Cory.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini