Erick Thohir Bicara soal Masker, dari Harga hingga Impor dari Eropa

Irene, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 320 2179772 erick-thohir-bicara-soal-masker-dari-harga-hingga-impor-dari-eropa-unBqQUKUVb.jpg Masker (Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengadakan sidak ke perusahaan BUMN yang bergerak di bidang farmasi yaitu Kimia Farma. Kunjungannya ini tidak lain untuk memastikan ketersediaan alat-alat kesehatan di tengah meluasnya virus korona atau Covid-19.

Erick Thohir pun menjelaskan beberapa hal yang akhir-akhir ini menjadi persoalan di tengah masyarakat. Mulai dari harga masker, ketersediaan stoknya, hingga potensi pembelian masker dari benua Eropa.

Pada Minggu (9/3/2020), Okezone merangkum fakta terkait Erick thohir soal masker.

 Baca juga: Aksi Pemerintah dan Peritel dalam Menjaga Harga Masker di Tengah Wabah Korona

1. Masker Bahan Impor China Seharga Rp2.000

Dalam sidaknya, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut harga masker kini belum mengalami kenaikan. Dimana bahan masker yang digunakan merupakan impor dari China.

"Harga masker yang dijual saat ini seharga Rp2.000 per piece. Namun, bahan yang digunakan pada masker merupakan barang impor dari China," ujar Erick Thohir di Apotek Kimia Farma Jakarta.

2. Perubahan Harga Masker adalah Wajar

Erick Thohir dalam kesempatannya juga mengatakan apabila sewaktu-waktu harga masker berubah adalah hal yang wajar. Hal ini menyusul masker yang berbahan impor dari China akan mencoba ambil dari Eropa.

 Baca juga: Antisipasi Virus Korona, Menteri BUMN Minta Swasta Turun Bantu Rakyat

3. Potensi Beli Masker dari Eropa

Erick pun mengungkapkan apabila masker yang bahannya impor dari China habis, Kementerian BUMN akan mengambil stok dari benua Eropa.

"Kalau nanti stok habis, kita harus beli dari Eropa. Sudah ada stoknya di Eropa,” ungkap Erick.

4. Stok Masker Saat Ini 400 Ribu Dus

Erick Thohir juga menyampaikan update stok masker yang akhir-akhir ini menjadi perhatian masyarakat. Dirinya mengatakan stok masker saat ini masih di angka 400 ribu dus dimana sekitar 250 ribu pcs tersedia di apotek kimia farma.

 Baca juga: Belum Ada Kenaikan, Erick Thohir: Harga Masker Rp2.000

"Stok masker saat ini ada 400 ribu dus. Jadi sekitar 250 ribu pcs yang tersedia di 1.300 apotek kimia farma," katanya.

5. BUMN Farmasi Siap Hadapi Korona

Erick Thohir dalam kunjungannya menyatakan bahwa BUMN Farmasi siap menghadapi wabah virus korona. Dirinya mengatakan masyarakat tak perlu terlalu cemas dan panik karena hal tersebut tak menjawab persoalan.

"Insya Allah alat-alat kesehatan aman. BUMN Farmasi siap menghadapi korona. Tidak perlu cemas dan panik. Kecemasan dan panik berlebihan tidak menjawab persoalan. Pemerintah serius melindungi masyarakat," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini