Cara Memilih Lokasi Usaha supaya Mendatangkan Cuan yang Banyak

Hansel Jevera, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 320 2179973 cara-memilih-lokasi-usaha-supaya-mendatangkan-cuan-yang-banyak-B62ALcUj8c.jpg Tempat Usaha Menentukan Kesuksesan Berbisnis. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Lokasi atau tempat menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam memulai bisnis. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk berusaha atau berbisnis, di antaranya mal, pusat keramaian seperti pasar dan perkotoan, permuahan, pinggir jalan, ruko, lingkungan sekolah atau kampus, dan sebagainya.

Satu cara memilih lokasi usaha adalah berdasarkan kelompok bisnis. Maksudnya adalah mencari lokasi yang kanan-kirinya menjual produk barang atau jasa sejenis dengan usaha yang akan dijalankan. Tujuannya untuk mendapatkan dan dapat menimbulkan persaingan yang sehat.

Baca Juga: Tips Mulai Bisnis Minyak Wangi, Keuntungannya Capai Rp6 Juta/Bulan

Mengutip buku 25 Usaha Terlaris Modal 1-3 Juta, penulis Sherly, diterbitkan Jogja Great! Publisher (Anggota Ikapi), Minggu (8/3/2020), pemilihan lokasi usaha bisa dilandasi pertimbangan segmen pasar atau target pembeli.

Segmen pasar yang menjadi patokan bisnis atau usaha, di antaranya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan lain-lain. Segmen inilah yang menjadi konsep dasar perencanaa usaha. Tanpa segmen yang dituju dan konsep yang jelas dalam menjalankan usaha, dipastikan bisnis Anda sulit mencapai tujuan.

Baca Juga: Ingin Bisnis Budidaya Ikan Lele? Cek Dulu Lokasinya

Jauh-dekatnya lokasi bahan baku dan pemasok juga menjadi pertimbangan penting dalam menentukan usaha. Kedekatan lokasi usaha dengan bahan baku atau pemasok pemilik usaha atau bisnis bisa menekan ongkos kirim, dengan demikian biaya operasional menjadi rendah.

Sah-sah saja kok berkeliling kota sambil melakukan survey lokasi usaha. Keuntungan lainnya dari jalan-jalan seperti ini adalah mengetahui daya beli masyarakat di sekitar lokasi yang Anda bidik, market ekuitas (peluang usaha), sekaligus kisaran harga sewa. Dengan begitu ANda akan mengenal lokasi usaha lebih dalam dan bisa segera menentukan tepat tidaknya menjalankan usaha di tempat tersebut.

Terkait dengan tempat usaha, Anda perlu membuat izin Gangguan ke DInas Perizinan kota setempat. Bawa fotokopi KTP, informasi tentang jenis usaha serta pengantar dari Kelurahan untuk mendapatkan Izin Gangguan (HO) ini.

Persiapan usaha yang lain adalah survey bahan baku atau pemasok, dalam hal kualitas, harga, dan system pembayaran. Jangan samapi harga bahan baku terlalu tinggi sehingga harga produk Anda pun melangit. Pastikan ANda mendapat harga murah dan keualitas baik. Perhatikan juga system pembayarannya. SIstem kredit tentu akan lebih menguntungkan daripada pembayaran cash.

Promosi Juga Tidak Kalah Penting

Anda harus mampu menciptakan strategi jitu untuk “memutar” uang. Modal yang keluar harus dapat kembali lagi dalam jumlah lebih banyak. Promosi menjadi cara mencapai tujuan itu. Promosi adalah suatu cara untuk memperkenalkan produk kepada calon pembeli sekaligus mengajaknya untuk membeli produk barang dan jasa yang ditawarkan.

Salah satu promosi yang efektif dan tidak mengeluarkan biaya terlalu besar adalah dengan menyebarkan brosur di pusat keramaian atau pada acara tertentu. Selain itu, promosi sederhana salah satunya dilakukan dengan measang spanduk di depan tempat usaha. Pajang barang dagangan di area yang bisa terlihat dengan jelas dari luar.

Ada 4 hal yang harus diingat dalam pemasaran, yaitu product, price, place, dan promotion. Dengan meramu keempat hal tersebut, mudah-mudahan usaha atau bisnis yang dijalankan akan mengalami kesuksesan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini