Citos Mau Dijual Buat Bayar Nasabah Jiwasraya, Sudah Ada yang Minat?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 320 2181861 citos-mau-dijual-buat-bayar-nasabah-jiwasraya-sudah-ada-yang-minat-d6xaNVvJR7.jpg Jiwasraya

JAKARTA - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bakal segera membayarkan kewajiban perusahan kepada nasabahnya. Salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan menjual pusar perbelanjaan Cilandak Town Square (Citos) untuk membayar polis nasabah.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, sejauh ini wacana penjualan ini sudah menarik salah satu calon pembeli. Namun dirinya masih merahasiakan investor yang akan membeli tersebut.

 Baca juga: Bayar Dana Nasabah di Akhir Maret, Jiwasraya Jual Citos hingga Obligasi

Pria yang kerap disapa Tiko itu menambahkan penjualan Citos ini bisa membantu perseroan untuk membayar. Dirinya memprediksi penjualan Citos diprediksi bisa menutupi pembayaran hingga Rp3 triliun dari total kerugian Jiwasraya yang mencapai Rp16,8 triliun.

"Sudah ada. Itu business to business-lah (B2B)," ujarnya saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (11/3/2020)

 Baca juga: Skandal Jiwasraya Rugikan Negara Rp16 Triliun Terbongkar, KBUMN Apresiasi dan Dukung Kejagung

Menurut Tiko, penjualan Citos merupakan salah satu opsi untuk melunasi kewajiban mereka ke nasabah. Karena masih ada beberapa opsi seperti penjualan obligasi yang akan dilakukan.

"Ada beberapa, pertama di Jiwasraya ada aset-aset likuid yang bisa dijual seperti obligasi. Kedua, kita juga lakukan proses penjualan properti, ada beberapa termasuk Citos," jelasnya.

Jika dana sudah terkumpul, lanjutnya, pembayaran utang dana nasabah bakal dilakukan akhir bulan setelah mendapatkan persetujuan DPR. Saat ini, DPR sedang reses atau kembali ke daerahnya masing-masing.

"Setelah tanggal 22-23 Maret ada rapat kerja sekali lagi dengan DPR. Setelah itu baru kita jalankan," kata Tiko.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini