nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Harga Komoditas, Mentan Siap Backup HKTI Susun Mapping Tiap Wilayah

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 19:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 12 320 2182437 jaga-harga-komoditas-mentan-siap-backup-hkti-susun-mapping-tiap-wilayah-hzepcEwd9m.jpg Mentan Syahrul Limpo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah siap mem-backup Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) agar mampu merespons lebih positif terkait penyusunan mapping komoditas tiap daerah atau wilayah.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, pemerintah bisa mendukung hal tersebut jika HKTI dapat melakukan peningkatan komoditas tiap daerah. Hal ini untuk menjaga harga komoditas jika nanti akan tiba-tiba naik.

 Baca juga: Genjot Pertanian, Presiden Jokowi: Jangan Biarkan Lahan Kosong Tidak Produktif

“Ini karena ada kondisi yang tidak normal saja sehingga tadinya sudah ter-mapping setiap wilayah ada komoditas unggulan dan ada yang ada, kemudian bagaimana membangun manajemen ini,” ujar Mentan mengutip setkab, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Senada dengan Mentan, Ketua HKTI sekaligus Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko menyampaikan bahwa rempah-rempah dan buah tropis seperti manggis memang memiliki pangsa yang tinggi.

 Baca juga: Kenapa RI Tidak Bisa Suplai Durian ke China?

”Cuma sayangnya kita tadi yang dikatakan Bapak Presiden, belum masuk ya. Kita sedang menginventarisasi karena tidak semua wilayah itu bisa menghasilkan yang bagus ya,” kata Moeldoko.

Lebih lanjut, Moeldoko menyampaikan bahwa Forum yang dilaksanakan HKTI kali ini bertujuan meningkatkan hubungan antar petani, khususnya mengelola isu-isu strategis di bidang pertanian dan juga food security (ketahanan pangan).

”Berikutnya kita mengenalkan sumber-sumber, bukan hanya produknya. Sumber ini ada di sini, dikelola oleh ini sehingga akan memudahkan dalam konteks transaksi. Ini forum ini bisa berjalan seperti itu,” imbuh KSP.

Selanjutnya, Ketua HKTI berharap masyarakat petani khususnya bisa berinteraksi bersama-sama di sana. ”Seperti yang diinginkan Bapak Presiden, produk-produk unggulan kita di bidang rempah-rempah, bidang buah-buah tropis dan herbal itu yang saat ini disenangi oleh orang luar bisa kita eksplorasi lebih jauh lagi,” kata Moeldoko akhiri jawaban kepada pers.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini