Rumah Minimalis, Ini Tips Membuat Teralis yang Menarik

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 14 470 2183309 rumah-minimalis-ini-tips-membuat-teralis-yang-menarik-km26hEYTVV.jpg Ilustrasi Rumah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Teralis mempunyai nama lain yaitu grill atau grillwork dan ironwork. Grillwork biasanya dari bahan besi yang berfungsi sebagai elemen dekoratif mobil-mobil antik zaman dulu.

Mengutip dari buku 'Teralis Kreatif untuk Rumah Minimalis' karya Nurul Wulan Sari, Kini, grill digunakan pula dalam bidang arsitektur. Di dalam bangunan rumah,grill berfungsi sebagai dekorasi, penunjang suatu gaya dan juga sebagai pengaman.

Biasanya grill atau teralis hanya merupakan elemen luar seperti bagian hiasan kanopi luar atau pagar. Namum saat ini banyak diaplikasikan di dalam interior rumah

Sebelumnya terialis berdesain rumit. Namun, kini terail hadir dengan desain yang lebih simpel dan geometris sehingga kembali menjadi tren yang melengkapi elemen eksterior dan interior rumah. Desainnya yang simpel dan geometris membuat terailis dengan model ini cocok diaplikasikan di rumah bergaya minimalis.

Desain ironwork sesuai dengan rumah minimalis yang simpel, teralis mudah dibuat lebih murah, dan mudah dibersihkan. Grill relatif mudah dirawat, dalam ruangan hanya diperlukan pengelapan menggunakan lap kering ataupun lap lembab, dan diangin-anginkan sehingga kelembaban tidak sempat membuat korosi.

Ada beberapa proses pembuat teralis yang perlu diketahui antara lain :

1. Siapkan besi sebagai bahan dasar untuk ditempa

2. Buat desain pola di atas kertas, lalu cetak. Pindahkan desain pola di atas besi yang ditempa.

3. Potong dan bentuk besi sesuai desain, lalu sambungkan.

4. Las sambungan yang mungkin membahayakan.

5. Beri warna atau variasi finishing lapis zincromate (pengecatan tekstur) tembaga atau dibiarkan tampil natural dengan memanfaatkan coating transparan yang dikenal dengan nama lapis clear.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini