Menko Luhut Setuju Hotel BUMN dan Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2020 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 470 2185434 menko-luhut-setuju-hotel-bumn-dan-wisma-atlet-jadi-tempat-isolasi-covid-19-Rwd8PpFh1H.jpeg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berencana menggunakan hotel milik BUMN sebagai tempat isolasi pasien positif virus corona atau Covid-19. Tak hanya hotel, Wisma Atlet bekas Asian Games di Kemayoran pun rencananya akan digunakan sebagai tempat isolasi.

Menanggapi rencana tersebut, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku setuju dengan ide tersebut. Bahkan dia bilang Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo sudah datang menemuinya untuk membahas rencana tersebut.

Baca Juga: Negatif Corona, Sri Mulyani Berikan Contoh Work from Home Lewat Teleconference

“Pak Tiko ke saya, kami bicara beberapa hotel BUMN diconvert menjadi rumah sakit tanggap darurat COVID. Itu udah bagus. Wisma atelt juga kan sudah disiapkan,” kata dia dalam konferensi video, Rabu (18/3/2020).

Menurut Luhut, pemerintah harus menyiapkan opsi tersebut karena bisa saja data pasien covid-19 meningkat. Sebab, pemerintah telah menerima 10 ribu kit atau alat uji corona yang baru. Semuanya akan dipakai di berbagai laboratorium pengecekan.

Baca Juga: Virus Corona Berdampak ke Ekonomi, Akankah Stagflasi?

“Karena kan test kid datang, maka bisa datanya meningkat. Ini kan sudah dialami juga banyak negara. Kiita berdoa betul jangan sampai kaya Itali. Ayo masyarakat juga patuhi,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan menyiapkan tempat isolasi untuk pasien positif virus corona. Tempat tersebut adalah Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"BNPB mengkoordinasikan pemanfaatan Wisma Atlet yang akan dikonversi menjadi tempat isolasi bagi pasien yang positif virus corona, tetapi bagi mereka yang tidak membutuhkan dukungan tenaga medis atau rumah sakit," ujar Sri Mulyani.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini