nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Ekspor Masker dan Alat Kesehatan Lebih Baik Disetop Dulu

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 19 320 2185793 presiden-jokowi-ekspor-masker-dan-alat-kesehatan-lebih-baik-disetop-dulu-hkPWma5IyS.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kebutuhan alat-alat kesehatan tersedia saat wabah virus Corona atau Covid-19. Terutama, masker dan hand sanitizer.

Oleh sebab itu, dirinya ingin ekspor alat kesehatan tersebut dihentikan terlebih dahulu. "Kita untuk ekspor masker dan alat kesehatan yang diperlukan lebih baik disetop terlebih dahulu," ujar Jokowi pada teleconference, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

 Baca juga: Ada Virus Corona, Mendag Resmi Larang Ekspor Masker hingga 30 Juni 2020

Menurutnya, saat ini harus memastikan terlebih dahulu pasokan dalam negeri agar memenuhi kebutuhan. Apalagi alat kesehatan lainnya.

"Kemudian ketersediaan bahan baku untuk produksi alat kesehatan dalam menghadapi situasi ini," ujarnya.

 Baca juga: Punya Potensi Besar, Ekspor Furnitur RI Masih Nomor 5 di Asia

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebut pihaknya telah menerbitkan aturan larangan ekspor masker. Aturan tersebut ada dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2020.

Menurut Agus kebijakan ini diberlakukan menyusul penetapan status virus corona (COVID-19), yang diperkirakan masih akan terus meluas.

"Jadi, kami ingin menjaga situasi saat ini dengan memastikan stok barang terpenuhi. Dan peraturan ini akan berakhir pada 30 Juni 2020," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini