nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisma Atlet Bisa Isolasi 15.000 Pasien Virus Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 19 470 2185762 wisma-atlet-bisa-isolasi-15-000-pasien-virus-corona-Hd8TZ8snrE.jpg Wisma Atlet Kemayoran Jadi Tempat Isolasi Pasien Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dilakukan percepatan penangan virus corona atau Covid-19. Salah satunya kontingensi kesiapan layanan rumah sakit, baik rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan juga mobilisasi rumah sakit yang lain, baik milik BUMN, TNI/Polri, rumah sakit swasta, dan juga rumah sakit darurat apabila diperlukan.

Bahkan, kata Kepala Negara, jika diperlukan juga bisa memanfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran. Di mana bekas wisma Asian Games ini memiliki fasilitas yang sudah ada seperti listrik, tempat tidur, air dan sebagainya.

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Jadi Tempat Isolasi Pasien Positif Corona

"Ini (Wisma Atlet) kapasitasnya cukup besar, kalau enggak keliru 15.000 dan hotel BUMN yang juga bisa dipakai," ujarnya, dalam keterangan Biro Setpres, Kamis (19/3/2020).

Kemudian juga rencana kontingensi ini juga harus disiapkan sampai ke daerah termasuk percepatan pembangunan rumah sakit untuk obeservasi atau karantina di Pulau Galang, di Kepulauan Riau. Di mana pembangunan fasilitas observasi dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, khususnya virus korona atau Covid-19, di Kota Batam, ditargetkan selesai 28 Maret 2020.

Baca Juga: Plus Minus Lockdown bagi Industri di Tengah Ancaman Corona

Sebelumnya, Pemerintah bakal mengkonversi Wisma Atlet bekas Asian Games di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat isolasi pasien positif virus corona atau Covid-19. Hal ini pun bakal dikoordinasikan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan menyiapkan tempat isolasi untuk pasien positif virus corona. Tempat tersebut adalah Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"BNPB mengkoordinasikan pemanfaatan Wisma Atlet yang akan dikonversi menjadi tempat isolasi bagi pasien yang positif virus corona, tetapi bagi mereka yang tidak membutuhkan dukungan tenaga medis atau rumah sakit," ujar Sri Mulyani

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini