nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Virus Korona, ESDM Siapkan Layanan Izin Online

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 19:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 22 320 2187351 ada-virus-korona-esdm-siapkan-layanan-izin-online-cpTAenEI9s.jpg Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Foto: Okezone.com/Dok. Kementerian ESDM)

JAKARTA – Virus corona atau Covid-19 di Indonesia kian meningkat jumlah kasusnya. Hal ini pun membuat aktivitas ekonomi kian tertekan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun mengalihkan sementara semua layanan tatap muka menjadi layanan daring. Hal ini dilakukan sebagai upaya mitigasi dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Video Perpisahan Ignasius Jonan dan Acandra Tahar: Kami Pamit

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menekankan, pelayanan publik sektor ESDM tetap berjalan biasa, namun dialihkan dalam bentuk daring (online) hingga jangka waktu tertentu.

"Pelayanan tatap muka sudah tidak kami terima lagi. Kami sudah menyiapkan sistem online sebagai penggantinya hingga akhir Maret nanti, monitor web ESDM," kata Agung, dalam keterangannya, Minggu (22/3/2020).

Baca Juga: Wamen Arcandra HUT ke-49, Ini Ucapan dari Menteri Jonan

Masyarakat yang ingin mengajukan permohonan perizinan ESDM pada web perizinan ESDM https, pelayanan informasi atau konsultasi, pemenuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), cetak peta dan pengaduan terkait sektor mineral dan batubara bisa melalui email, yaitu web perizinan minerba ESDM.

Untuk lebih memudahkan pelayanan, sambung Agung, peta/produk/jasa akan dikirimkan melalui Jasa Pengiriman Kilat.

Hal serupa juga terjadi di sektor ketenagalistrikan, Pusat Data dan Informasi ESDM telah menyiapkan sistem daring untuk mengganti pelayanan tatap muka mulai dari konsultasi, pengaduan hingga permintaan informasi bisa didapat melalui email infogatrik@esdm.go.id atau hotline 0215225180 ext 1123.

Sementara untuk layanan perizinan seperti Sertifikat Laik Operasi (SLO) di slodjk.esdm.go.id, Sertifikat Badan Udaha (SBU) di sbu.djk.esdm.go.id dan Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKKTK) bisa diakses di skktkdjk.esdm.go.id.

Khusus layanan tatap muka di Lintas EBTKE bisa diakses di laman lintas.ebtke esdm untuk permohonan informasi seputar Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan lintas.ebtke.esdm.go.id/#pengaduan untuk pengaduan masyarakat. "Perubahan layanan ini hingga 5 April 2020," tegas Kepala Pusdatin ESDM Agus Cahyono Adi atau yang akrab dipanggil Aca.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini