nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Besok, Wisma Atlet Jadi RS Darurat Covid-19 Beroperasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 14:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 22 470 2187228 mulai-besok-wisma-atlet-jadi-rs-darurat-covid-19-beroperasi-dgKzJ3MTkB.jpg Wisma Atlet Kemayoran Jadi Tempat Isolasi Pasien Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Dok. KBUMN)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan seluruh komponen pengerjaan Wisma Atlet di Kemayoran sudah selesai. Dengan demikian, Wisma Atlet siap dioperasikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 pada Senin 23 Maret 2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ada beerapa komponen pekerjaan pada Wisma Atlet. Pertama, pembersihan wisma karena sudah lama tidak dipakai, kedua, modifikasi wisma sebagai rumah sakit darurat.

Baca Juga: Intip Kesiapan Wisma Atlet Jadi RS Darurat Covid-19

"Untuk pembersihan ini sudah selesai termasuk penyemprotan sudah selesai kemarin sore. Ini sudah 100%. Kemudian modifikasi, di lantai 1,2,3 tower 7 ini karena dimanfaatkan jadi RS Darurat. Ada laboratorium, farmasi ada radiologi. Semua sudah siap, sudah 100%. Insya Allah malam ini sudah bisa selesai dan bisa gladi resik," ujar Basuki, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Kemudian, kata Basuki, akan dilakukan pengaturan arus orang, di mana pasien dan petugas tidak boleh berpapasan. Hal ini akan diatur Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Pipa Air Baku di Fasilitas Karantina Covid-19 Batam Selesai Dipasang

Secara keseluruhan, sinergi menjadikan Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Covid-19 telah selesai. Kementerian PUPR memperbaiki infrastrukturnya, Kementerian BUMN menyiapkan alas medis, TNI/Polri dan relawan dari sisi operasinya.

"Jadi semua sudah 100%, tinggal instalansi akan ditempatkan di mana-di mana. Besok Insya Allah mulai operasi," ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini