nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iuran BPJS Kesehatan Batal Naik, Jokowi: Berdampak ke Pelayanan Pasien Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188236 iuran-bpjs-kesehatan-batal-naik-jokowi-berdampak-ke-pelayanan-pasien-corona-gPyzpVcEw6.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut pembatalan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) oleh Mahkamah Agung (MA) Kesehatan akan berdampak pada pelayanan kesehatan. Apalagi saat ini tengah masuknya pandemi virus corona alias Covid-19.

Oleh karena itu lanjut Jokowi, dirinya agar seluruh jajaran Menteri untuk cepat merespons keputusan MA tentang pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini. Sebab, dalam menghadapi virus corona ini, negara harus hadir agar pelayanan kesehatan masyarakatnya tetap bisa terjamin.

"Pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini tentu berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan masyarakat terutama pasien Covid-19," ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (24/3/2020).

Salah satu yang perlu dilakukan percepatan adalah membuat sebuah landasan hukum yang baru. Hal ini untuk memberikan kepastian kepada peserta iuran yang termasuk dalam kategori peserta bukan penerima upah (BPU).

"Oleh sebab itu saya ingin menekankan beberapa hal, yang pertama penyelesaian dasar hukum baru yang dibutuhkan untuk mengatur pembiayaan, sehingga terhadap kepastian pelayanan yang baik bagi pasien maupun pihak rumah sakit," kata Jokowi.

Selain itu lanjut Jokowi, dirinya juga meminta agar kemampuan rumah sakit dalam menjalankan fungsinya agar tetap terjaga, sehingga dirinya berharap agar penyaluran dana kepada rumah sakit untuk segera disalurkan

"Kemudian tahun ini fokuskan pada kemampuan untuk menjaga rumah sakit dapat berfungsi penuh terutama alur penjaminan pasien dalam perawatan serta proses percepatan penyaluran dana yang dibayarkan kepada rumah sakit," kata Jokowi.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini