nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Profesi-Profesi yang Paling Terdampak Covid-19 di Skenario Sedang

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 14:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188262 ini-profesi-profesi-yang-paling-terdampak-covid-19-di-skenario-sedang-qjlgXmvlNo.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkalkulasikan dampak virus Corona atau Covid-19 dibagi 3 skenario. Dirinya pun membeberkan beberapa profesi dan provinsi terdampak paling parah di skenario sedang.

Jokowi membeberkan, profesi buruh dengan skenario sedang, provinsi yang terdampak paling parah akan ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dikalkulasikan, penurunan pendapatan hingga 25%.

 Baca juga: Bantu Tangani Virus Corona, Jangan Tunggu Lebaran untuk Kasih Gaji ke-13 atau THR

"Karena itungan kita kita mampu bertahan di Juli-September," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, lanjutnya, untuk petani dan nelayan dengan skenario sedang, Provinsi Kalimantan Barat akan terdampak paling parah. Di mana penurunan pendapatan 34%.

 Baca juga: Fakta soal Buruh Terkena Corona Harus Digaji Penuh

"Dengan daya tahan Oktober-November," ujarnya.

Kemudian, Jokowi mengatakan, pedagang mikro dan pedagang kecil dengan skenario sedang, akan terdampak paling parah di Kalimantan Utara. Di mana dengan penurunan pendapatan hingga 35%

"Kemampuan bertahan di Agustus-November," ujarnya.

Sedangkan untuk Supir, Jokowi mengkalkulasikan skenario sedang akan berdampak terparah di Sumatera Utara. Dengan penurunan pendapatan hingga 44%.

"Angka-angka seperti ini mohon dikalkulasi secara detail di daerah sehingga persiapan bansos di daerah betul-betul bisa disiapkan," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini