nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Darurat Corona, Jokowi Minta Pemda Jaga Stok Pangan dan Daya Beli

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 15:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188307 darurat-corona-jokowi-minta-pemda-jaga-stok-pangan-dan-daya-beli-E5fCkL2aN5.jpg Pangan (Foto: Okezone)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh daerah untuk memastikan kesiapan stok pangan. Hal ini menghindari kelangkaan pangan di tengah pandemi virus corona.

Sebab, kelangkaan ini juga bisa berpangaruh pada kenaikan harga pada komoditas pangan. Selain itu, langkah itu dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat di daerah-daerah.

"Juga saya perlu ingatkan agar provinsi daerah melihat betul ketersediaan bahan pokok dan mempertahankan daya beli masyarakat," ujar Jokowi dalam telekonferensi, Selasa (24/3/2020).

Untuk menjaga daya beli masyarakat, Jokowi juga meminta kepada Kepala Daerah untuk memperhatikan para buruh dan pekerja. Dirinya meminta agar tak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan akibat virus corona.

"Tolong dilihat betul keadaan para buruh. Terutama para pekerja harian, para petani, para nelayan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebab menurut Jokowi, para pelaku usaha mikro ini yang paling pertama terkena dampak.

"Dan juga ini yang terkena dampak terlebih dulu para pelaku usaha usaha mikro, usaha kecil, agar kita usahakan agar daya belinya tetap terjaga dan bisa tetap beraktivitas dalam berproduksi," katanya.

Oleh karena itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk memfokuskan pada program-program padat karya tunai. Namun, dirinya juga mengimbau agar program padat karya ini tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah

"Program pada karya tunai harus diperbanyak, harus dilipat gandakan tetapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan Covid-19," kata Jokowi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini