Menkeu Beberkan Bantuan-Bantuan dari Lembaga Multilateral untuk Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 20 2190132 menkeu-beberkan-bantuan-bantuan-dari-lembaga-multilateral-untuk-covid-19-P82rEZWUe6.jpeg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Lembaga-lembaga multilateral akan meningkatkan sumber keuangannya bagi negara-negara yang terancam virus Corona atau Covid-19. Hal tersebut baik di bidang kesehatan, sosial safety net, dan dari sisi untuk mendukung industri dan perdagangan.

Adapun lembaga tersebut adalah orld Bank bersama multilateral institution seperti ADB (Asian Development Bank) bahkan AIIB (Asian Infrastructure Investment Bank) dan regional development banks.

 Baca juga: Sri Mulyani Sebut IMF Prediksi Ekonomi Dunia 2020 Negatif

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, untuk World Bank, ADB, dan AIIB, bisa memberikan bantuan dalam bentuk program loan. "Hal ini agar negara-negara terdampak dapat mampu untuk menyiapkan dari sisi kesehatan, perlindungan kepada kelompok miskin yaitu social safety net, dan dari sisi kemampuan untuk membangun kembali industrinya," ujarnya mengutip setkab, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Sementara itu untuk IMF, lanjutnya, saat ini sedang melakukan upaya untuk meningkatkan resource-nya. Sehingga mampu memberikan apa yang disebut swap line kepada seluruh bank sentral di dunia yang membutuhkan.

 Baca juga: Tidak Ada Kepastian, BI Pangkas Proyeksi Ekonomi Dunia Jadi 2,5%

Jadi dalam jangka pendek, sambung Menkeu, adalah menggunakan seluruh resource untuk bersama-sama memerangi Covid-19 ini. “Dalam jangka menengah, bagaimana kita terus mendukung pemulihan, baik di sektor kesehatan, sektor ekonomi dan sosial, dan di sektor keuangan agar mereka bisa mendukung pemulihan semua negara yang sekarang ini sangat negatif diterpa oleh Covid-19,” jelas Menkeu akhiri jawaban kepada wartawan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini