nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penutupan Jalan Provinsi hingga Tol untuk Cegah Mudik, Menko Luhut: Sedang Dikaji

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 15:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 31 320 2191831 penutupan-jalan-provinsi-hingga-tol-untuk-cegah-mudik-menko-luhut-sedang-dikaji-oV9Xp6L9d1.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, sekaligus Plt Menteri Perhubungan, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah pusat sedang mengkaji penutupan jalan antar provinsi, tol, dan lainnya, guna masyarakat tidak mudik pada libur lebaran Idul Fitri 2020.

"Ya nanti mau kaji. Tapi jangan sampai logistik mati, kita tak mau juga ambulance tidak jalan. Sedang dikaji oleh Perhubungan kita nanti akan sarankan ke mana-mana," ujar dia pada telekonferensi di Jakarta, Senin (31/3/2020).

Lalu bagaimana masyarakat sudah banyak yang mudik. Menurutnya apabila pemerintah pusat dibilang lambat tergantung dari mana melihatnya. Tapi memang dinamika ini kan cepat sekali.

Baca Juga: Mendagri Imbau Masyarakat Tunda Mudik Lebaran Tahun Ini

"Kita juga tak menduga sedemikian cepat. Ya Amerika Serikat (AS), saja yang super power gitu aja juga banyak yang tak menduga . Saya beberapa waktu lalu ke AS mereka masih tenang-tenang saja tiba-tiba dua Minggu lalu sudah kayak kebakaran jenggot. Jadi saya pikir itu sudah kita harus terima dari keadaan yang terjadi," ungkap dia.

Dia juga menghimbau agar masyarakat tidak mudik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi publik yang masih memberangkatkan penumpang.

"Pasalnya apabila kamu sekarang pakai mudik ramai-ramai, sebenarnya kamu tanpa sadar sudah membuat kemungkinan orang lain meninggal karena perilakumu atau kau sendiri. Jadi tergantung kita sekarang, kalau tidak ada kesadaran itu kita langsung tidak langsung bisa membantu jumlah orang meninggal itu bertambah, jumlah orang susah itu tambah," tandas dia.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini