nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Covid-19, Bank Mandiri Akan Revisi Target Pertumbuhan Kredit

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 13:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 01 278 2192330 ada-covid-19-bank-mandiri-akan-revisi-target-pertumbuhan-kredit-lBEAyK0SYt.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana merevisi target pertumbuhan kredit tahun ini. Hal itu dilakukan karena terdampak virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar menyebut, meski target pertumbuhan kredit direvisi, bukan berarti perusahaan tak akan ekspansi. Dirinya pastikan Bank Mandiri akan ekspansi dengan selektif.

 Baca juga: Bank Mandiri Buyback Saham Tak Lebih dari 20%

"(Pertumbuhan kredit), tentunya kami akan ada revisi ke depan, kita juga lihat kondisi saat ini pasti akan kita revisi. Dan bukan kita tak ekspansi, tapi akan pilih dan selektif ekspansi pada situasi saat ini. Namun, kami belum memberi keterangan berapa target pertumbuhan kredit yang baru," ujar dia pada telekonfrensi di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Kemudian, lanjut dia, untuk non performing loan (NPL) alias kredit macet, Bank Mandiri berharap kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat menjaga agar tidak adanya pertumbuhan NPL.

 Baca juga: Tekan Dampak Virus Corona, Bank Mandiri Beri Relaksasi Kredit ke UMKM

"Jadi, NPL kan kemarin POJK sudah mengeluarkan aturan-aturan cukup membuat perbankan keseluruhan lebih fleksibel melakukan restrukturisasi," ungkap dia.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan informasi mengenai tata cara pengajuan keringanan kredit bank dan pinjaman leasing yang terdampak covid-19. Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbankan dan leasing memberikan keringanan kepada masyarakat yang terdampak virus corona.

Keringanan ini diutamakan bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), pengemudi ojek online yang memiliki tanggungan kredit motor dan pengemudi taksi online yang memiliki kredit mobil. Bahkan Presiden melarang perbankan atau leasing menagih menggunakan jasa debt collector kepada pihak tersebut.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini