nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinjau Fasilitas Karantina Covid-19 di Batam, Jokowi: Kita Siap Hadapi Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 14:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 01 470 2192363 tinjau-fasilitas-karantina-covid-19-di-batam-jokowi-kita-siap-hadapi-corona-02ohYU6aXE.jpg Fasilitas Observasi Karantina Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Dok. PUPR)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan pembangunan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya Covid-19 (Corona) di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Negara menjelaskan, fasilitas karantina dan obeservasi dibangun sebagai tempat penanganan pasien virus corona. Namun, Jokowi berharap tempat ini tidak perlu digunakan.

Baca Juga: Molor dari Target, Fasilitas Karantina Covid-19 di Batam Baru 92%

"Semuanya ini kita siapkan dan rencanakan, kita berharap tidak terjadi, tapi paling tidak kita siap.

Dari awal saya sampaikan ini dibangun untuk menyiapkan itu, kalau sudah semuanya selesai baru ini akan kita alihkan pengunaan yang lain," ujarnya, dalam telekonferensi, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga: Dibagi 3 Zonasi, Begini Spesifikasi Bangunan Karantina Covid-19 di Batam

Rencananya fasilitas ini untuk RS penyakit-penyakit menular dan riset penyakit. Namun, kata Jokowi, sekali lagi dirinya beraharap fasilitas ini tidak sepenuhnya digunakan seperti di Wisma Atlet.

"Wisma Atlet kita siapkan 2.400 bed, tapi sampai saat ini baru digunakan 400. Di sini juga sama 360 bed, dan untuk isolasi 20 ICU dan 30 yang non ICU. Kita harapkan ini tak dipakai. Tapi kita siapkan," tuturnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini