Sempat Terkendala, Tol Pakis-Malang Akhirnya Bisa Beroperasi

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 320 2195255 sempat-terkendala-tol-pakis-malang-akhirnya-bisa-beroperasi-mHXODvlmnI.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone.com)

MALANG - Setelah mengalami sejumlah kendala termasuk adanya lahan Cagar Budaya Situs Sekaran, akhirnya Jalan Tol Pakis-Malang bisa terhubung sepenuhnya dan bisa dioperasikan. Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo mengakui bila pengoperasian ruas tol Pakis-Malang sempat molor dua bulan dari rencana yang dijadwalkan.

"Pengoperasian ini lebih lambat 2 bulan dari rencana semula yang seharusnya di akhir Januari 2020. Mundurnya pengoperasian karena ditemukannya Situs Sekaran. Guna mengamankan temuan tersebut maka PT JPM meminta Badan Pelestari Cagar Budaya (BPCB) untuk meneliti lebih lanjut situs yang diduga peninggalan Kerajaan Singasari tersebut," jelas Agus melalui siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (7/4/2020).

Baca Juga: Simpang Siur Pembatasan Akses Jabodetabek, Begini Penjelasan Kemenko Maritim

Alhasil adanya situs budaya tersebut lanjut Agus, membuat konstruksi tol Pakis-Malang mengalami perubahan pergeseran 17 meter dari rencana awal.

"Kami lakukan perubahan trase jalan tol sejauh 17 meter dari situs. Dengan pergeseran trase yang mendekati kali Amprong diperlukan konstruksi dinding penahan tanah berupa secant pile (barisan bore pile sepanjang 200 m.) Perubahan desain ini memakan waktu sekitar 1,5 bulan," terangnya.

Kini dengan beroperasi tol Pakis-Malang yang menjadi bagian dari ruas tol Pandaan-Malang, mampu memangkas waktu tempuh dari ruas tol Pakis menuju jalan protokol Kota Malang tepatnya di Jalan Ki Ageng Gribig menjadi sepuluh menit, dari sebelumnya memerlukan waktu tempuh 30 menit.

Gerbang keluar tol Malang sendiri terletak di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Sebagai informasi, ruas tol Pakis-Malang merupakan bagian dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang memiliki lima seksi sepanjang 38,48 km. Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,050 km dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km. Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,113 km.

Ruas Pakis-Malang merupakan seksi terakhir (Seksi V) dari Ruas Jalan Tol Pandaan Malang. Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan seksi I sampai III dan pada tanggal 01 November 2019 dilanjutkan pengoperasian seksi IV pada tanggal 1 November 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini