nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Furniture Asal Sumut IPO, Raup Rp60 Miliar

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 10:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 09 278 2196516 produsen-furniture-asal-sumut-ipo-raup-rp60-miliar-DMPqpIjSyx.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - PT Cahaya Bintang Medan Tbk (CBMF) resmi mencatatkan sahamnya di lantai bursa. Cahaya Bintang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri mebel dan furniture.

Dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO), emiten ini melepas 375 juta saham. Besaran saham setara dengan 20% dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan, dengan harga Rp160 per saham.

Baca Juga: Pemilik Texas Chicken IPO, Kantongi Rp36 Miliar dari Penjualan Saham

Perseroan yang berdomisili di Sumatera Utara ini akan menerima dana segar sebesar Rp60 miliar di mana 52% dana tersebut akan digunakan untuk pembelian mesin produksi

Perseroan menunjuk PT Indocapital Sekuritas dan PT Semesta Indovest Sekuritas selaku Join Lead Underwriter.

Perseroan didirikan pada tahun 2012 dan berhasil memproduksi dan menguasai pasar di seluruh Sumatera. Pemegang saham pengendali Perseroan adalah PT Richiwa Sakti Indonesia sebesar 84,67% dan sisanya sebesar 15,33% dipegang oleh PT Sinar Makmur Rezeki.

Baca Juga: 3 Saham Baru Listing, Kompak Menguat di Tengah Merahnya IHSG

"Kebutuhan furniture yang meningkat dari tahun ke tahun menjadikan industri ini cukup potensial untuk pertumbuhan ekonomi nasional melalui pasar ekspor," kata Direktur Utama Cahaya Bintang Medan Suwandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Dia memperkirakan, pasar furniture akan meningkat dari tahun ke tahun dimana peningkatan pembelian furniture didorong oleh penguatan pada permintaan atas perumahan.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini