Apa Menguntungkan Simpan Uang Tunai di Tengah Covid-19?

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 320 2196916 apa-menguntungkan-simpan-uang-tunai-di-tengah-covid-19-QejyifIn0J.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau covid-19 telah menekan pasar finansial di hampir seluruh kawasan dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Kondisi pasar yang terus terkoreksi membuat investor cenderung hati-hati dalam menempatkan dananya dan memilih untuk memegang tunai.

Apakah tepat menyimpan porsi tunai di kondisi seperti saat ini?

 Baca juga: BI hingga OJK Lakukan Telekonferensi dengan Investor Global Sore Ini

"Memilih untuk memegang dana tunai memang membuat kita bisa dengan mudah menggunakannya seandainya ada kebutuhan mendadak saat kita sedang di rumah. Namun perlu diingat, nilai uang kita tidak akan berkembang, dan justru tergerus inflasi," kata Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Freddy Tedja dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kondisi seperti ini, menempatkan uang kita di reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi yang memiliki pengetahuan dan kemampuan pengelolaan investasi dapat menjadi pilihan di tengah kebingungan kita.

 Baca juga: Bisakah Tax Holiday Tarik Lebih Banyak Investasi ke Indonesia?

Dan yang sama pentingnya juga, sesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan investasi kita.  

Jika berkaca dari kondisi krisis dan kepanikan pasar di masa lalu seperti pada krisis Asia 1998 dan krisis global 2008, terlihat bahwa koreksi tajam yang terjadi di pasar finansial cenderung diikuti dengan kenaikan tajam setelahnya, dalam jangka menengah-panjang.

Jadi,  tetaplah berinvestasi sesuai profil risiko untuk mencapai tujuan investasi jangka panjang. Untuk kenyamanan, carilah manajer investasi yang memiliki platform investasi digital sehingga kita dapat berinvestasi dari rumah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini