Share

Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka Malam Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 320 2197721 pendaftaran-kartu-prakerja-resmi-dibuka-malam-ini-a3oQVM4pwT.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Program Kartu Prakerja resmi diluncurkan dengan ditandai pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja pada malam hari ini.

Program Kartu Prakerja selain diciptakan untuk pengembangan potensi kerja juga diarahkan untuk mengurangi dampak ekonomi bagi orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan akibat pandemi virus corona atau coronavirus (Covid-19).

"Pada malam hari ini kami akan mengumumkan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs resmi program Kartu Prakerja," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam telekonferensi, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

Baca Juga: Siapkan 3 Hal Ini saat Daftar Kartu Pra-Kerja, Apa Saja? 

Airlangga menjelaskan, untuk mendaftar Kartu Prakerja bisa melalui situs www.prakerja.go.id secara daring dan pendaftaran terbuka 24 jam 7 hari selama seminggu.

"Mereka yang bisa memanfaatkan Kartu Prakerja adalah WNI 18 tahun ke atas yang tidak sedang sekolah atau kuliah atau belum dapat kerja. Kami juga mengajak pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan dan pelaku usaha mikro kecil yang tutup usaha karena dampak pandemi covid-19," katanya.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Kartu Prakerja yang Dapat Rp3,5 Juta/Bulan 

Airlangga menjelaskan, tujuan dari kartu prakerja yang semula meningkatkan pengetauhuan dan keterampilan kini juga meringankan beban biaya hidup terutama membantu daya beli terutama kebutuhan sehari-sehari.

"Dengan kata lain Kartu Prakerja juga fungsi sebagai instrumen berikan bansos atau jaring pengaman sosial," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini