Selama Corona, Pelatihan Kartu Pra-Kerja Dilakukan via Online

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 12 April 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 320 2197923 selama-corona-pelatihan-kartu-pra-kerja-dilakukan-via-online-OJiC66W1K0.jpg Kartu Pra-Kerja (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah resmi membuka pendaftaran kartu pra-kerja mulai Sabtu malam. Setelah mendaftar para peserta akan mendapatkan pelatihan dari beberapa lembaga dan juga perusahaan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan untuk pelatihan, untuk sementara hanya akan dilakukan secara online. Hal ini untuk mematahi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

"Dalam masa pandemi covid-19 ini, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan secara online atau daring," ujarnya dalam telekonferensi, Sabtu (11/3/2020) malam.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka Malam Ini

Namun lanjut Airlangga, setelah pandemi berakhir, maka pelatihan. Akan dilakukan secara langsung oleh Balai Latihan Kerja (BLK). Hingga saat ini sudah ada empat wilayah yang ditetapkan sebagai daerah yang akan menjalankan program.

Keempat daerah tersebut yakni, Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Surabaya. Namun, untuk pelatihan online di masa pandemi ini aksesnya terbuka bagi seluruh masyarakat di Indonesia yang memenuhi kriteria penerima Kartu pra-kerja.

Baca Juga: Saldo Kartu Prakerja Rp3,5 Juta, Ini Rinciannya

"Ke depan setelah kondisi normal, maka pelatihan tidak hanya online, tetapi juga pelatihan offline atau tatap muka akan dipersiapkan," kata Airlangga.

Selain pelatihan, nantinya pendaftaran juga akan dibuka secara online. Para calon peserta yang ingin mendaftar sudah bisa registrasi lewat situs www.pra-kerja.go.id sejak Sabtu pukul 16.00 WIB.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini