Menko Luhut Siap Datangkan Turis China, Ini Tanggapan Wishnutama

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 320 2200167 menko-luhut-siap-datangkan-turis-china-ini-tanggapan-wishnutama-pnf4bij353.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama buka suara terkait ide Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk sektor pariwisata. Adapun ide dari Menko Luhut adalah ingin mengundang turis asal China, Jepang, dan Korea ke dalam negeri.

Menurut Wishnutama untuk saat ini pihaknya belum memutuskan untuk mengundang wisatawan asal negara manapun ke dalam negeri. Apalagi, pandemi virus corona masih belum berakhir.

Baca Juga: Menko Luhut: Pengembangan Wisata Daerah Bisa Dilakukan Individu 

Saat pandemi, masyarakat justru lebih memilih diam di rumah dibandingkan harus berlibur. Di sisi lain, dirinya juga masih belum mengetahui hingga kapan pandemi virus corona ini akan berakhir.

"Kan enggak mungkin, pandemi masih berjalan orang kan enggak bisa ke mana mana," ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga: Kata Menko Luhut soal Rencana Kenaikan Tiket Pesawat 50% 

Wishnutama belum berbicara langsung dengan Menko Luhut terkait hal ini. Namun dirinya percaya yang dikatakan oleh Menko Luhut adalah masalah miss presepsi saja.

"Saya kebetulan belum sempat bicara dengan Menko Luhut terkait hal ini. Saya percaya mungkin maksud beliau setelah pandemi berakhir," katanya.

Menurut Wishnutama, setelah pandemi berakhir, barulah pemerintah bergerak untuk mengundang wisatawan asing ke dalam negeri. Mungkin lanjut Wishnutama, yang dimaksud oleh Menko Luhut adalah mengundang wisman asal China, Korea hingga Jepang saat pandemi sudah berakhir.

"(Jadi) mungkin maksud pak Luhut setelah pandemi berakhir," kata Wishnutama.

Sebelumnya, Menko Luhut mengatakan, pemerintah menaruh perhatian yang besar di sektor pariwisata. Pemerintah sudah membidik turis asing dari beberapa negara untuk didatangkan.

Dia menyebut ada sekitar tiga negara yakni China, Korsel dan Jepang. Namun dia mengandaikan jika tiga negara itu sudah pulih dari wabah baru pemerintah akan bergerak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini