Asosiasi Pertanyakan Jamu Impor dari China ke Satgas DPR

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 April 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 320 2205573 asosiasi-pertanyakan-jamu-impor-dari-china-ke-satgas-dpr-ign2M5JQjr.jpg Jamu (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu) Dwi Ranni Pertiwi mempertanyakan langkah Satgas DPR RI yang mengimpor jamu untuk menyembuhkan pasien pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal itu dia sampaikan pada rapat virtual bersama Komisi VI DPR RI terkait dampak Covid-19. Menurutnya apabila dilihat dari komposisinya, produsen jamu di Indonesia juga bisa membuat jamu tersebut.

Baca juga: Virus Corona Merebak, Harga Bahan Baku Jamu Kian Mahal

"Jadi, mohon itu masalah bisa dikoreksi. Saya kecewa, jamu kami tidak didukung. Kenapa satgas DPR RI bisa mengimpor jamu? Itu yang saya pertanyakan," ujar dia Senin (27/4/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr Inggrid Tania menyebut, jamu yang dibicarakan oleh Ranny itu belum teruji secara klinis mampu menyembuhkan pasien Covid-19.

Baca juga: Keren! Pengusaha Muda Jajaki Ekspor Jamu ke Australia

"Namun sudah banyak testimoni di media massa yang menyatakan dapat sembuh dari virus asal Wuhan, China itu berkat jamu produksi dalam negeri tersebut," ungkap dia.

Dia menambahkan, pihaknya juga belum diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk uji coba ke pasien Covid-19 yang ada di RS Rujukan. Sehingga, dirinya baru bisa mengandalkan data-data berupa testimoni yang tersebar di media massa itu.

"Oleh karena itu, kami bersama dengan LIPI, UGM, dan Kalbe Farma berencana untuk melakukan uji klinik di RS Darurat Wisma Atlet terhadap beberapa jamu di Indonesia yang diproduksi oleh Kimia Farma. Sehingga nantinya jamu atau herbal yang melalui penelitian itu mampu terbukti untuk meningkatkan imunitas tubuh agar bisa diujicobakan pada pasien Covid-19," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini