Alasan Korsel Tetap Impor Rumput Laut RI di Tengah Pandemi Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 April 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 320 2205592 alasan-korsel-tetap-impor-rumput-laut-ri-di-tengah-pandemi-covid-19-ekT8yFGUvm.jpg Pelabuhan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Busan, Ni Made Kusuma Dewi mengatakan, ekspor rumput laut dari RI ke Korea Selatan (Korsel) tetap berjalan di tengah pandemi covid-19. Dewi mengatakan, pihak buyer menyampaikan kegembiraannya atas kerja keras pihak Indonesia ditengah pandemi Covid-19.

"Karena dengan adanya bahan baku rumput laut dari Indonesia maka produksi industri perusahaan mereka tetap berjalan dengan lancar dan tidak terkendala," kata dia dilansir dari laman Kemendag, Senin (27/4/2020).

 Baca juga: Vietnam Evaluasi Kebijakan Ekspor Beras

Hal ini penting, mengingat hasil diproduksi buyer Korea Selatan tersebut merupakan produk makanan yang dibutuhkan di Korea Selatan dan juga menjadi bagian dari produk makanan jadi yang diekspor Korea Selatan ke mancanegara,termasuk Indonesia.

Buyer Korea Selatan yang mengimpor bahan baku rumput laut kering (cottoni, spinosum dan gracilaria) dari Indonesia tersebut menjual produk hasil olahannya dalam bentuk carrageenan dan agar-agar ke industri makanan jadi. Diharapkan, buyer tersebut akan tetap melakukan importasi bahan baku dari Indonesia, sepanjang Indonesia dapat menjamin kualitas produk rumput lautnya tetap berkualitas prima.

Baca juga: Ekspor Produk Perhiasan RI Berhenti Total akibat Corona

“Pihak buyer merasa tidak khawatir terhadap wabah pandemi COVID-19, sehingga transaksi kegiatan ekspor rumput laut asal Indonesia ke Korsel tidak terpengaruh," kataPlt Dirjen PEN Kasan.

Merespons kepercayaan buyer tersebut, Kemendag akan terus membantu dan memfasilitasi UMKM yang telah berhasil melakukan ekspor ini, terutama dalam pemenuhan standar kualitas produk sesuai keinginan buyer dan keberlanjutan pengirimannya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini