Menkop Teten: Ada Lonjakan Pedagang Online Selama Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2206312 menkop-teten-ada-lonjakan-pedagang-online-selama-covid-19-P19vGeiBfB.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koperasi UKM Teten Masduki menyebut adanya lonjakan akun baru di e-commerce selama masa pandemi covid-19. Salah satunya akun yang menjual produk kesehatan, yang melonjak mencapai 250%.

"Jadi, terjadi peningkatan jumlah pembuatan akun baru. Khususnya akun yang menjual produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan vitamin meningkat hingga 250%. Dari data dari Tokopedia," ujar dia pada telekonferensi di BNPB, Selasa (27/4/2020).

Baca Juga: Terdampak Virus Corona, Banyak UMKM Masuk Kategori Miskin Baru

Menurut dia, ada beberapa sektor bisnis yang diuntungkan dengan adanya pandemi corona. Seperti produk-produk herbal yang baik untuk kesehatan, hingga produk frozen food yang mudah diolah.

"Jadi permintaan terhadap produk-produk yang siap olah, praktis itu sekarang banyak UMKM memproduksi makanan frozen atau makanan kaleng yang tinggal dipanaskan," ungkap dia.

Baca Juga: Menkop Prediksi Stay at Home Economy Jadi Tren di Masa Depan

Pihaknya berharap UMKM dapat manfaatkan pandemi virus corona ini dengan beralih ke digital. Dirinya pun mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk dalam negeri guna membantu perekonomian agar tetap berjalan.

"Saya berharap pandemi virus corona dapat menjadi momentum bagi UMKM untuk membuktikan bahwa produk-produknya mampu memenuhi kebutuhan nasional," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini