Covid-19 Buat Ekonomi RI hanya Tumbuh 2,3%, Kapan Membaik?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 20 2206741 covid-19-buat-ekonomi-ri-hanya-tumbuh-2-3-kapan-membaik-O8IJXS2mp0.jpg Krisis Ekonomi (Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 akan tumbuh melambat. Hal tersebut menyusul adanya virus corona yang terus menghantui disepanjang kuartal II-2020 ini

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, adanya virus Corona membuat para pelaku industri mulai terganggu aktivitasnya. Salah satu yang paling terdampak adalah industri manufaktur dan pariwisata.

 Baca juga: Efek Corona, Ekonomi RI Diproyeksi Kembali Pulih Akhir 2021

Kedua industri ini memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sehingga dirinya memperkirakan pada kuartal II-2020 ini, pertumbuhan ekonomi hanya berada dikisaran 2,3%.

"Karena banyak yang mengalami kerugian dan juga melambat saya perkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2,3%," ujarnya dalam teleconfrence, Rabu (29/4/2020).

 Baca juga: 6 Fakta Stimulus Kelas Menengah, Bertahan Hidup dari Corona

Menurut Perry, tertekannya pertumbuhan juga merupakan dampak dari penerapan PSBB di beberapa wilayah di Tanah Air. Tak hanya itu, perlambatan ini juga disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan ekonomi global akibat virus corona.

"BI akan terus berada di pasar dan menjaga ekonomi Indonesia, " kata Perry.

Meskipun begitu lanjut Perry, pihaknya masih tetap optimis jika ekonomi Indonesia akan membaik pada kuartal III dan IV-2020. Apalagi, Presiden Joko Widodo juga sempat menyebut jikan ekonomi akan kembali membaik pada pertengahan Juni.

"Awalnya kami perkirakan sebulan, tetapi ternyata lebih lama. Yang paling berat 2,5 bulan. Pertengahan Juni sudah kembali membaik seperti kata Presiden," kata Perry.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini