nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keuntungan Garap Tol Semarang-Harbour dan Proyek Jembatan Bintan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 14:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 30 320 2207273 keuntungan-garap-tol-semarang-harbour-dan-proyek-jembatan-bintan-WPfwPgP7IP.jpg Ilustrasi Proyek Jalan Tol. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penjajakan minat pasar (market sounding) untuk 6 proyek. Salah satu proyek yang ditawarkan adalah Jembatan Batam-Bintan dengan nilai investasi Rp8,7 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai, Jemabatan Batam-Bintan memiliki nilai proyek yang ekonomis untuk dikerjakan. Pasalnya, proyek ini akan menjadi akses wisata seperti yang dilakukan di Singapura.

"Singapura itu, travel mendarat di changi, tapi barangnya bisa langsung (dibawa) ke Bintan sebagai (destinasi) wisata," ujarnya, dalam telekonferensi, Kamis (30/4/2020).

Baca Juga: Menteri Basuki Beberkan Nilai Ekonomis Proyek Tol Akses Patimban

Selain itu, jembatan ini juga menjadi proyek yang dibutuhkan masyarakat. Sebab menjadi akses bagi masyarakat yang akan menuju ke Batam.

"Ini jadi jembatan yang sangat dibutuhkan yang bisa hubungkan Batam dan Bintan," tuturnya.

Di sisi lain, kata Basuki, proyek Tol Semarang-Harbour senilai Rp11,7 triliun, juga memiliki nilai ekonomis yang baik. Sebab, proyek ini akan menjadi akses utama untuk angkutan logistik menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

"Tol Semarang-Harbour hubungkan Kawasan Industri Kendal dengan Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang. Kemudian berhubungan langsung dengan Tol Semarang-Demak. Jadi saya kira ini akan sangat terjalin sistem jalan tol untuk logistik yang baik," tuturnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini