Buruh: Terima Kasih pada Perusahaan yang Masih Berikan Gaji Walau Tidak Full

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 320 2207740 buruh-terma-kasih-pada-perusahaan-yang-masih-berikan-gaji-walau-tidak-full-fvAk7GFXlb.jpg Peringati Hari Buruh Sedunia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Serikat pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja BUMN mengapresiasi niat perusahaan yang sampai hari ini tidak melakukan efisiensi dengan cara Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Apalagi dengan kondisi tantangan yang luar biasa di tengah pandemi virus corona.

“Kami organisasi buruh merasa berterimakasih kalau perusahaan masih baru pada tahap merumahkan karyawannya dan memberikan gaji tidak full,” ujar Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono, dalam keterangannya, Jumat (1/5/2020).

Dirinya mengetahui bahwa perusahaan dihadapkan dengan tantangan yang besar. Di mana banyak perusahaan yang tidak sanggup membayar gaji hingga kompensasi kalaupun melakukan PHK.

Baca Juga: May Day Kelam untuk Buruh pada Tahun Ini

Maka dari itu, dirinya berharap pemerintah bisa memberikan semacam insetif kepada perusahaan-perusahaan yang terkena dampak Covid-19 dan harus melakukan PHK dan merumahkan buruhnya. Bisa dalam bentuk penghapusan pajak PPH buruh dan perusahaan. Menurunkan pajak pertambahan nilai agar bisa membantu keuangan perusahaan serta harga-harga barang bisa murah dan bersaing di pasar dunia.

“Mungkin pemerintah harus bisa melakukan bail out untuk kompensasi PHK para buruh dari perusahaan , tentunya terkontrol Dan terawasi dengan baik. Agar tidak disalah gunakan oleh para pengusaha. Ya semacam BLBI untuk PHK buruh lah dengan zero bunga, yang nantinya bisa di bayarkan oleh pengusaha,” ujarnya.

Dengan demikian buruh yang di PHK bisa membuka usaha dengan Dana kompensasi PHK-nya.

Di samping itu, pemerintah harus segera mempercepat berjalannya program kartu Pra-Kerja agar bisa membantu angkatan kerja baru dan wiraswatawan dari buruh yang di PHK

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini