Sensus Penduduk 2020 Online, Begini Cara Jawab Pertanyaan Deskripsi Pekerjaan

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 320 2209281 sensus-penduduk-2020-online-begini-cara-jawab-pertanyaan-deskripsi-pekerjaan-F0T5KsBWoi.jpg BPS (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sensus Penduduk 2020 Online diperpanjang hingga akhir Mei 2020. Untuk itu, bagi Anda yang belum mengisinya, diharapkan segera berpartisipasi.

Masyarakat bisa mengikuti sensus penduduk secara mandiri dengan mengisi data di laman sensus.bps.go.id. Walau begitu, terkadang ada kesulitan dalam proses pengisiannya.

Salah satunya adalah terkait pertanyaan 16.a terkait pekerjaan dan 16.b terkait deskripsi dari pekerjaan.

Baca Juga: Sensus Penduduk 2020 Online hingga 31 Maret, Wawancara Dimulai 1 Juli 2020

Bagaimana mengisi pertanyaan 16.a terkait “Pekerjaan”?

Memilih pekerjaan sesuai dengan pilihan yang tersedia. Apabila pekerjaan Anda tidak ada dalam daftar pilihan jawaban, pilih “lainnya”. Pekerjaan adalah jabatan atau kedudukan seseorang yang memiliki wewenang, tanggung jawab, dan tugas pokok dalam suatu lapangan usaha. Lapangan usaha adalah bidang dari kegiatan pekerjaan/ usaha/perusahaan/kantor tempat seseorang bekerja atau yang dihasilkan perusahaan/kantor tempat seseorang bekerja.

Sebagai contoh, Anda adalah seorang driver ojek online. Maka pada isian 16.a Anda dapat menuliskan ojek. Kemudian, akan muncul dua pilihan pekerjaan yaitu pengemudi ojek online dan pengemudi ojek pangkalan. Pilih pengemudi ojek online. Jika pekerjaan yang Anda tulis tidak terdapat dalam pilihan, maka Anda harus memilih “lainnya”.

Baca Juga: BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online hingga 29 Mei 2020

Bagaimana mengisi pertanyaan 16.b terkait “Deskripsi Pekerjaan”?

Untuk menjawab pertanyaan ini dengan mendeskripsikan pekerjaan anda pada jawaban 16.a secara jelas. Yang harus diingat untuk dituliskan adalah: Menulis kembali pekerjaan yang anda pilih pada bagian 16.a. Kemudian, menambahkan/melengkapi deskripsi pekerjaan anda dengan menuliskan kegiatan utama yang dilakukan tempat anda bekerja, produk yang dihasilkan (jika industri), dan nama tempat anda bekerja.

Begini contohnya:

Daiyu bekerja sebagai sous chef Hotel Bintang Empat Resident. Maka pekerjannya adalah Chef dan deskripsi pekerjaannya adalah Sous chef Hotel Bintang Empat Resident.

Lestari bekerja sebagai buruh peternakan sapi perah di Cijantung. Maka pekerjaannya Buruh Peternakan dan deskripsi pekerjaannya buruh peternakan sapi perah di Cijantung.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini