Sri Mulyani Tunda Kenaikan Tunjangan Kinerja dan Pengangkatan CPNS

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 320 2211220 sri-mulyani-tunda-kenaikan-tunjangan-kinerja-dan-pengangkatan-cpns-UlDhxxI4yn.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berupaya melakukan berbagai penghematan anggaran untuk memfokuskan pembiayaan terhadap dampak penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada telekonfrensi hari ini.

Menurutnya, beberapa hal yang dihemat adalah penundaan kenaikan tunjangan kinerja PNS dan pengangkatan CPNS.

"Jadi, untuk belanja pegawai juga diminta melakukan penundaan kenaikan tukin dan pengangkatan CPNS," ujar dia di Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Baca Juga: Tanpa PKN STAN, Pendaftaran Seleksi Sekolah Kedinasan Dibuka Awal Juni

Dia menjelaskan pengetatan belanja dilakukan tanpa mengurangi hak yang seharusnya diterima oleh PNS. Tapi hal itu dikecualikan untuk komponen Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pejabat eselon II ke atas yang dipastikan tidak akan menikmati THR tahun ini.

"Kita bisa melakukan pengetatan dari belanja pegawai tanpa mengurangi hak mereka kecuali THR eselon II ke atas yang tidak dibayarkan," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, penghematan anggaran juga dilakukan dengan menghentikan sementara perjalanan dinas hingga seminar-seminar yang tidak berhubungan dengan pencegahan atau pun penyebaran pandemi Covid-19 

"Kami meminta semua Kementerian/Lembaga melakukan penghentian atau suspend kegiatan yang tidak lagi dilakukan dalam suasana Covid-19. Seperti perjalanan dinas, seminar dan lainnya dan otomatis langsung suspend, kemudian anggarannya difokuskan untuk Covid-19," tandas dia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini