Gurih, UMKM Bisa Nikmati Kue Ekonomi Digital USD82 Miliar

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 320 2214141 gurih-umkm-bisa-nikmati-kue-ekonomi-digital-usd82-miliar-oPlZzMxV2k.jpg Covid-19 (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Pemerintah meminta kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mulai berjualan lewat online. Apalagi di tengah pandemi corona ini seluruh pergerakan orang mulai dibatasi untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bukan tanpa alasan mengapa pemerintah menginginkan agar pelaku UMKM untuk jualan online. Sebab, potensi ekonomi digital hingga 2025 mencapai USD82 miliar.

"Dan selain itu, pemerintah mengingatkan bahwa potensi industri digital ini USD82 miliar," ujarnya dalam Peluncuran Gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: Sejumlah Tameng Lindungi UMKM Hadapi Covid-19

Menurut Airlangga, pandemi virus corona ini bisa dijadikan momen untuk para pelaku UMKM go digital. Sehingga, produk-produk dalam negeri juga bisa dikenal luas oleh negara lain.

"Sehingga tentu dengan pandemi covid ini salah satu yang memudahkan dalam kondisis normal baru dengan menggunakan digital platform," ucapnya.

Baca Juga: Menko Airlangga Minta UMKM untuk Jualan Online

Tidak lupa, Airlangga juga meminta agar para pelaku UMKM meningkatkan kualitas produksinya. Hal ini juga harus didorong oleh masyarakat Indonesia yang harus membeli produk-produk dalam negeri agar daya saing meningkat.

"Dengan kegiaatan bangga beli Indonesia ini menjadi momentum bangkitnya produk-produk Indonesia," kata Airlangga.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini