Share

Pengawasan OJK ke Perbankan Lemah, Begini 4 Fakta yang Terungkap

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 20 2214979 pengawasan-ojk-ke-perbankan-lemah-begini-4-fakta-yang-terungkap-RDmM1V6oDq.jpg BPK Ungkap Lemahnya Pengawasan OJK ke Perbankan. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan lemahnya pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap perbankan. Hal ini diungkap dalam dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II-2019.

Selain itu, BPK juga mempermasalahkan pengawasan yang kurang terhadap 7 bank. Di antaranya Bank Bukopin dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Okezone pun merangkum fakta-fakta soal lemahnya pengawasan perbankan oleh OJK, Sabtu (16/5/2020):

1. Pengawasan OJK Lemah

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyoroti pengawasan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada perbankan. Sebab pengawasan OJK terhadap perbankan dinilai sepenuhnya sesuai ketentuan.

Baca Juga: Status Waspada, Virus Corona Ganggu Stabilitas Keuangan Indonesia

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna mengungkap temuan adanya pengawasan yang kurang baik.

2. Pengawasan 7 Bank Dipertanyakan

Dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II-2019, ditemukan ketidaksesuaian pemeriksaan yang dilakukan oleh OJK terhadap 7 perbankan.

Baca Juga: 5 Upaya OJK Merespons Pelemahan Aktivitas Ekonomi RI

"Kita memeriksa sesuatu, jadi kita memeriksa Otoritas Jasa Keuangan dan kemudian kalau ada bank yang ada di dalamnya itu ikut diperiksa di dalamnya. Namun demikian yang kami soroti adalah proses pengawasannya yang itu kita ungkap. Kami memberikan kesempatan kepada Otoritas Jasa Keuangan untuk menindaklanjuti," ujar Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna.

3. Bank Bukopin dan BTN

Dari 7 bank yang pengawasannya dipermasalahkan adalah Bank Bukopin dan Bank Tabungan Negara (BTN). Kedua perbankan tersebut diketahui juga sudah mulai melakukan perbaikan dengan menjalankan hasil rekomendasi BPK..

4. BPK Awasi Kinerja OJK

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna mengatakan, ke depannya pihaknya akan terus melakukan pemantauan lanjutan. Hal ini menjadi salah satu rangkaian dari proses pemeriksaan kelembagaan.

"Jadi sudah ada progres, dan memang akan kami pantau karena pemantauan tindak lanjut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam siklus pemeriksaan kami," kata Agung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini